Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

8 Contoh Internet of Things 2021 serta Proses Kerjanya

Contoh Internet of Things 2021

Contoh Internet of Things 2021 - Kehidupan manusia dengan jaringan internet sangat berkaitan erat, jaringan internet membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. tapi pernahkan kamu berpikir bahwa sebuah benda dapat terhubung ke jaringan internet dan bekerja tanpa campur tangan manusia? Apakah benda tersebut bisa bekerja tanpa ada bantuan dari manusia?

Benda-benda seperti mesin cuci, kulkas, pemanggang roti bisa dikategorikan sebagai benda Internet of Things jika sudah terhubung dengan internet, karena nantinya benda tersebut akan beraktivitas tanpa adanya campur tangan dari manusia. Contohnya, kulkas IoT dapat mendeteksi bahwa stok daging dalam kulkasmu sudah habis, jadi ia akan mengirim notifikasi lewat email. Canggih bukan?

Pengertian Internet of Things

IoT secara istilah diartikan sebagai internet untuk segala benda. Internet Of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana benda atau mesin yang terhubung dengan internet dapat saling mengirimkan data tanpa adanya campur tangan manusia.

Contoh sederhananya bisa dilihat dari cara kerja kamera pengawas lalu lintas yang terhubung dengan internet. Saat kita berada di jalan raya, ada kamera lalu lintas yang dipasang di tepi jalan dekat dengan lampu lalu lintas. Jika ada pengendara yang menerobos lampu merah maka kamera  tersebut akan langsung memberikan notifikasi kepada monitor bahwa terjadi pelanggaran.

Kemudahan akses internet pada saat ini menjadi pendorong IoT untuk tetap berkembangan. Selain itu perkembangan teknologi membuat manusia saling berpacu untuk menciptakan benda-benda yang mempermudah pekerjaan manusia. Berikut adalah beberapa perangkat terkenal internet of things yang mungkin sering kamu dengar.

8 Contoh Internet of Things 2021 serta Proses Kerjanya

1. Lampu Pintar

Lampu pintar ini adalah salah satu Internet of Things yang mulai digunakan oleh banyak orang, dengan proses kerjanya yang efisien membuat lampu ini memiliki nilai guna yang sangat baik. Bohlam yang sudah terhubung dengan internet bisa dimatikan dan di nyalakan dari jarak jauh, bahkan kita bisa menggunakan suara untuk menghidupkan dan mematikan lampu. Selain itu tingkat pencahayaannya bisa diubah sesuai dengan keinginan kita.

2. Smart Home

Memiliki rumah pintar adalah keinginan semua orang, sebab semua yang ada barang elektronik di rumah tersebut sudah terhubung dengan satu komputer pusat yang akan mengendalikan kerja dari barang elektronik tersebut. Pemilih rumah bisa mengatur waktu-waktu untuk setiap barang agar bisa bekerja sesuai dengan waktu yang gelah ditentukan.

3. Smart Parking

Alat ini akan otomatis memberikan informasi tentang berapa jumlah mobil yang masuk dan berapa jumlah mobil yang keluar, serta dalam memberi saran tentang ruang yang kosong untuk memarkirkan mobil. Sayangnya tidak semua area parkir memiliki teknologi seperti ini, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa tahun kedepan alat ini akan diterapkan di Indonesia.

4. Robot Serba Bisa

Robot ini terhubung dengan Wifi atau internet untuk menjalankan tugasnya. Mereka bisa  melakukan pekerjaan sesuai pengaturan, mereka pandai membersihkan rumah. Jadi, rumahmu tetap bersih walaupun kamu tidak memiliki banyak waktu di rumah. Beberapa tahun yang akan datang robot ini akan sangat digemari banyak orang.

5. Aplikasi Kunci Pintar

Smart Lock atau kunci pintar ini dapat menjaga keamanan rumah dengan cara yamg modern. Tidak butuh kunci asli untuk membuka dan mengunci pintu, cukup dengan  memasukkan informasi seperti sidik jari atau scan wajah kamu sudah bisa masuk ke dalam rumah. Teknologi seperti ini jarang ditemui di negara kita karena masyarakat lebih suka mengunci pintu dengan kunci manual.

6. Perangkat Peringatan Tsunami

Alat IoT untuk peringatan tsunami biasanya dipasang di tepi pantai untuk memberikan pengawasan terhadap ombak di laut. Jika ombak pasang secara tidak normal maka akan ada peringatan yang disampaikan oleh alat IoT

7. Pengelolaan Kualitas Air

Alat IoT yang dipasang berupa sensor yang akan mendeteksi apakah air tersebut memiliki kualitas yang baik atau tercemar. Ini sangat memudahkan pekerjaan manusia, jika dikerjakan secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu.

8. Smart Watch

Selain dapat dijadikan perhiasan, jam tangan pintar juga bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari. Fitur yang terdapat dalam smartwatch ini sangat modern, ada fitur penunjuk arah, komunikasi, dan fitur GPS
. Selain itu bentuknya juga sangat menarik sehingga sangat nyaman dibawa bepergian.

Manfaat IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

Setiap teknologi yang diciptakan pasti bertujuan untuk memudahkan kegiatan manusia. IoT dengan proses kerja tanpa bantuan manusia menjadi keunggulan teknologi ini. Berikut manfaat IoT dalam kehidupan sehari-hari :

1. Mempermudah Pekerjaan Manusia

Salah satu tujuan diciptakannya teknologi adalah untuk mempermudah kehidupan manusia. IoT hadir untuk menyambut masa depan yang lebih baik dengan inovasi teknologi terbaru agar pekerjaan manusia menjadi efisien dan efektif.

2. Hemat Waktu

Manusia zaman sekarang menyukai sesuatu yang serba cepat. IoT menghasilkan perangkat canggih yang bekerja secara otomatis melalui jaringan internet. Berbeda dengan alat manual yang membutuhkan tenaga dan waktu yang lama dalam menghasilkan sesuatu.

3. Pemicu Munculnya Teknologi IoT Terbaru

Ide akan muncul jika ada pemicunya, munculnya teknologi IoT akan memicu semangat para intelek IoT untuk memberikan inovasi terbaru yang lebih baik dari sebelumnya. Jika hari ini sudah ada smarthome dan smartwatch, maka masa yang akan datang pasti ada inovasi lain dari internet of things

4. Kontribusi dalam Ilmu Pengetahuan

Alat IoT tak jarang jadi bahan penelitian karena memang menarik untuk dibahas secara mendalam. Hasil penelitian tersebut dapat menjadi kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan siapapun dapat mempelajarinya.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop