Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

9 Tools Blog Baru Untuk Blogger Pemula 2021

9 Tools Blog Baru

Tools Blog - Mengembangkan sebuah blog bukan pekerjaan yang mudah bagi blogger pemula. Jika kita sudah membuat dan merancang blog untuk dimonetisasi, otomatis kita harus mengembangkan blog tersebut agar mudah terima oleh google adsense. Dalam mengembangkan blog, ada alat-alat gratis yang disediakan di internet, alat tersebut memudahkan kita dalam memaksimalkan SEO.

Oleh karena itu sebagai blogger pemula, kamu harus mengetahui tools apa saja yang akan membantu kamu dalam memajukan blog kamu. Sangat rugi rasanya jika kita tidak memanfaatkan tools gratis yang ada di google. Sebelum masuk ke pembahasan inti, sebaiknya kamu harus tau dulu tentang definisi tools. Simak penjelasan singkat dibawah ini.

Apa Itu Tools Blog?

Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia, tools artinya adalah alat. Alat ini ciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Tools pada zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang, zaman dahulu mungkin alat yang diciptakan sangat tradisional, contohnya alat-alat memasak yang digunakan manusia purba.  Semenjak adanya kemajuan teknologi disertai dengan kemajuan pendidikan, perkakas yang diciptakan manusia menjadi lebih modern sesuai perkembangan zaman. 

Tools blog adalah alat yang digunakan oleh para pemilik blog untuk kemajuan blog mereka. Dengan adanya tools, para blogger bisa dengan mudah memantau kemajuan di website mereka. Beberapa tools dibawah ini dapat diakses secara gratis, tapi jika ingin mendapat fasilitas yang baik maka harus membayar dan mendaftar ke akun premium. Karena ada beberapa fitur di tools tersebut yang hanya bisa digunakan oleh akun premium. Tools yang disediakan oleh google umumnya gratis dan fiturnya pun lengkap, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa alat untuk blog di bawah ini


Baca Juga : Rekomendasi Niche Blog Terbaik 2021 bagi Pemula serta Cara Memilih Niche


Tools Untuk Blogger Pemula 2021

1. Google Search Console

9 Tools Blog Baru

Google Search Console dikenal dengan nama google webmaster tools adalah sebuah tools gratis yang disediakan oleh google untuk membantu para pemilik blog melihat performa blog mereka. Bagi kalian yang sedang belajar blogging mungkin tidak asing lagi dengan tools yang satu ini, karena tool sangat penting dan sering dibahas oleh para master blogger.

Menurut saya, jika ingin serius mendalami dunia blogger sebaiknya daftarkan website kalian ke search console. Ada banyak keuntungan yang kalian dapatkan jika mendaftarkan blog ke search console, mulai dari mengindeks artikel, mengetahui jumlah pengunjung, memantau halaman yang dilihat oleh visitor, pemberitahuan tentang kesalahan di blog, dan dapat menampilkan kata kunci yang paling banyak di cari.

2. Google Analytics

9 Tools Blog Baru

Google analytics adalah tool yang berguna untuk memantau traffic dan statistik visitor blog. Beberapa keuntungan yang didapat setelah mendaftar google analityc yaitu memberi informasi tentang pendapatan blog, mengetahui kegiatan pengunjung blog, bahkan kita bisa melihat berapa jumlah pengunjung yang sedang mengakses blog kita. Menurut saya tools ini sama pentingnya dengan search console dalam mengembangkan blog. Fitur-fitur yang disediakan dalam tools ini mendukung kamu untuk memeriksa kualitas website. Untuk mendaftar google analytics, kamu harus punya website dan email saja.

3. Google PageSpeed Insights

9 Tools Blog Baru

Tools ini membantu kita untuk mengetahui kecepatan dan performa website pada perangkat dekstop dan mobile. Caranya sangat mudah, langkah pertama masuk ke halaman Google PageSpeed Insights, lalu ketik alamat domain, setelah itu tekan enter. Tunggu beberapa detik karena tools sedang memeriksa blog. Setelah selesai loading, nanti akan disajikan data kecepatan blog dalam bentuk angka persen, semakin tinggi persentase menandakan bahwa websitemu ringan dan mudah diakses oleh smartphone dan desktop. 

Di bagian bawah page akan disajikan point-point perbaikan yang bisa dilakukan agar kecepatan blog semakin membaik. Umumnya jika kecepatan blog sudah mencapai 80% berarti performa blog sudah baik.

4. Keyword Surfer

9 Tools Blog Baru

Ini merupakan ekstensi chrome sebagai alat riset keyword yang banyak disukai oleh para pemilik website karena cara menggunakannya sangat simpel, dapat menampilkan kata kunci yang populer, dan dapat memperlihatkan jumlah pencarian setiap kata kunci. Untuk menggunakannya kita harus menginstall terlebih dahulu, setelah diinstall nanti ekstensi tersebut akan terpasang otomatis di search engine chrome. Tinggal ketikkan kata kunci di kolom pencarian, lalu nanti datanya akan muncul di sebelah kanan layar.

5. Google Trends Indonesia

9 Tools Blog Baru

Google Trends adalah alat riset untuk melihat kata kunci apa yang sedang hangat dibahas di negara Indonesia. Kamu bisa manfaatkan ini untuk menciptakan sebuah artikel yang berpotensi viral untuk beberapa bulan kedepan. Meskipun tools ini terlihat simpel, tapi jika kamu pandai memanfaatkannya, itu akan menjadi keuntungan buat kamu 

6. Ubersuggest

9 Tools Blog Baru

Ubersuggest adalah alat riset kata kunci. Kita bisa mengetahui kata kunci paling yang tinggi peminat di berbagai negara. Tools ini sangat populer beberapa waktu yang lalu karena informasi kata kunci yang disediakan sangat lengkap. Tapi semenjak tools ini berubah menjadi premium, terdapat pembatasan fitur-fitur untuk riset kata kunci. Untungnya ubersuggest masih memberikan kita kesempatan untuk mencari keyword secara gratis dengan batasan 4x percobaan dalam sehari

7. KWFinder

9 Tools Blog Baru

Cara kerja alat ini mirip dengan ubersuggest, masukkan kata kunci lalu nanti akan ditampilkan volume pencariannya berserta keyword turunannya. sayangnya untuk versi gratis hanya bisa dilakukan sebanyak 4x percobaan dalam sehari. jika tidak ingin dibatasi dalam meriset keyword maka kamu harus daftar akun premium.

8. Seo Review Tools

9 Tools Blog Baru

Tools ini membantu kita untuk memeriksa artikel, apakah artikel tersebut sudah sesuai dengan standar SEO. Perhatikan kolom optimasi yang ada di kanan layar, usahakan warna lingkaran tersebut berubah menjadi full warna hijau. Di tools ini, kita juga bisa membantu kita menargetkan kata kunci.

9. 1Text.com

9 Tools Blog Baru

Tools ini berguna untuk mengecek keaslian artikel kita. Setelah kita selesai menulis artikel jangan lupa memeriksa plagiarisme artikel, karena Google dapat mendeteksi artikel plagiat. Cara menggunakannya yaitu, copy tulisan kalian, lalu tempelkan pada kolom teks di tools, setelah itu lihatnya hasil plagiarismenya.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop