Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Artificial Intelligence : 5 Kecerdasan Buatan Menandingi Kecerdasan Manusia

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence - Hadirnya teknologi terbaru selalu menjadi pembahasan hangat di tengah masyarakat, inovasi-inovasi terbaru diharapkan membawa kemajuan bagi dunia. Artificial Intelligence (AI) merupakan hasil dari perkembangan teknologi dalam bentuk kecerdasan buatan yang kabarnya di masa depan akan mampu menyaingi kecerdasan manusia. Kecerdasan buatan ini sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan, Smartphone yang kita gunakan sekarang juga merupakan salah satu Artificial Intelligence dari sekian banyak hasil kecerdasan buatan lainnya.

Kehadiran Artificial Intelligence diharapkan dapat mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia, sehingga di masa depan manusia bisa menikmati teknologi canggih yang bekerja secara otomatis. Saat ini kita sudah bisa berbelanja tanpa harus keluar rumah, ini dikenal dengan nama belanja online. Setelah memesan barang lewat online, kurir akan mengantarkan barang tersebut ke rumah kita secara langsung. Di masa yang akan datang mungkin saja ada kecerdasan buatan yang menggantikan pekerjaan kurir, diciptakan teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengantarkan barang ke rumah tanpa ada campur tangan manusia.

Jika hari ini Artificial Intelligence sudah banyak kita temui, di masa depan bisa dipastikan akan ada inovasi terbaru dari teknologi kecerdasan buatan yang lebih canggih dari pada yang kita temui sekarang. Oleh karena itu kita harus siap dengan semua perkembangan teknologi, minimal kita memahami fungsi serta manfaat dari teknologi tersebut. Simak penjelasan di bawah ini agar kita bisa memahami Artificial Intelligence


Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan dalam konteks ini mengacu pada adanya sebuah sistem atau mesin yang bisa meniru kecerdasan manusia. Jadi, apapun pekerjaan yang bisa dilakukan oleh manusia, AI juga bisa melakukannya. Artificial Intelligence sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita tidak menyadarinya.

Kecerdasan AI bisa kita amati saat bermain game. Contohnya saat bermain game catur di komputer/smartphone. Kita mungkin pernah berpikir bagaimana bisa komputer  bisa menang melawan kita ketika sedang dalam permainan catur, padahal saat itu kita bermain dengan mesin. Ternyata dalam permainan catur tersebut juga diterapkan teknologi AI yang dapat mengenali pola serangan, itulah yang menyebabkan dia tau waktu yang tepat untuk menyerang dan. membuat pertahanan.

Implementasi AI juga terdapat pada Google Maps. Saat mencari alamat dengan google maps, Teknologi AI ini kita gunakan untuk mengetahui jarak dan menghitung waktu perjalanan dari rumah sampai ke tempat tujuan. Jika tidak ada AI pun manusia bisa menghitung jarak pada peta. tapi dengan hadirnya teknologi, informasi tentang jarak pada peta akan tersedia secara otomatis tanpa harus dihitung manual.


Kaitan Artificial Intelligence Dengan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Revolusi Industri 4.0 dan Artificial Intelligence saling memperngaruhi dalam kehidupan manusia. Menurut World Economic Forum, pada era revolusi industri 4.0 akan tercipta 133 juta pekerjaan baru, dan ada 75 pekerjaan yang akan tergantikan. Hadirnya artificial intelligence akan memberikan kesempatan untuk terciptanya lapangan pekerjaan baru yang berkaitan dengan teknologi masa kini. Mulai dari sekarang kamu bisa mempersiapkan diri untuk mencari skill baru yang berhubungan dengan teknologi, contohnya kemampuan dalam membuat kecerdasan buatan. Pelajari keahlian baru agar kamu dapat bersaing dengan para pekerja lain.


Baca Juga : 8 Contoh Internet of Things 2021 serta Proses Kerjanya


Saat ini kita juga berada di masa Society 5.0. Konsep ini dijuluki super smart society, masyarakat yang super cerdas memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial. Masyarakat 5.0 harus mampu beradaptasi dengan teknologi revolusi industri 4.0 yang salah satunya adalah atificial antelligence. Jika tidak mampu beradaptasi, maka akan berdampak pada munculnya era distrupsi.

Distrupsi adalah inovasi baru yang akan mengganti semua sistem yang lama dengan sistem baru. Distrupsi menggantikan teknologi yang bersifat fisik menjadi teknologi digital yang lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, masyarakat perlu memiliki keterampilan yang sesuai dengan perubahan zaman. Contoh pemanfaatan artificial intelligence society 5.0 adalah negara Jepang melakukan distribusi barang ke berbagai wilayah di negaranya menggunakan drone.


5 Kecerdasan Buatan Menandingi Kecerdasan Manusia

Mobil Tanpa Pengemudi

Artificial Intelligence

Mobil tanpa pengemudi di zaman sekarang masih menjadi barang langka, karena mobil ini belum bisa diproduksi sebanyak mobil konvensional seperti saat sekarang. Dirintisnya mobil canggih ini nampaknya akan menggantikan mobil konvensional karena dengan kecerdasan yang luar biasa mobil ini mampu bergerak sendiri tanpa dikendarai manusia. Dia bisa berhenti saat lampu merah, dia bisa berhenti sendiri tanpa dikendalikan, dan bisa mengatur diri sendiri agar tidak bertambrakan dengan kendaraan lain. Kita sebagai pemilik mobil hanya duduk santai tanpa harus menyetir.

Hyperloop

Artificial Intelligence

Hyperloop merupakan Moda Transportasi baru yang di kembangkan oleh Hyperloop One. Teknologi ini berbentuk seperti kereta api dan memiliki kecepatan luar biasa, Bahkan kecepatannya melebihi kecepatan pesawat terbang. Teknologi memungkinkan kita untuk cepat sampai ke wilayah tujuan. Jalur kereta ini berada di dalam sebuah terowongan panjang yang tertanam di bawah tanah, keretanya melayang diatas rel sehingga tidak ada gesekan.

Mobil Terbang

Artificial Intelligence

Mobil terbang yang kita impikan sejak lama nampaknya dalam beberapa tahun yang akan datang akan menjadi moda transportasi nyata. Di masa depan, tentunya dibutuhkan regulasi khusus untuk mengatur jalannya mobil terbang ini agar tidak berbenturan dengan pesawat. Pada tahun lalu, mobil terbang ini sudah diumumkan oleh perusahaan asal Amerika dan diberi nama Switchblade. Mobil ini dilengkapi dengan baling-baling di bagian belakang, memiliki sayap yang bisa dilipat saat berjalan di darat, dan hanya bisa isi oleh dua orang. Jadi, bersiaplah untuk mencoba teknologi modern di masa depan.

Lift Luar Angkasa

Artificial Intelligence

Inovasi terbaru ini dirancang oleh peneliti Universitas Shizouka, Jepang. Dengan ada lift ini diharapkan dapat menggantikan peran roket sebagai alat transportasi ke luar angkasa. Perkiraan waktu perjalanan dari bumi ke luar angkasa memakan waktu selama 7 hari, dan kabarnya akan diwujudkan pada tahun 2050. Desain lift ini berbentuk oval, tidak berbentuk persegi empat.

Alat Penerjemah Modern

Artificial Intelligence

Alat Penerjemah berguna bagi kamu yang belum menguasai bahasa lain tapi ingin berbicara dengan warga negara lain. Bayangkan saja saat berlibur ke luar negeri kamu terkendala dalam hal komunikasi, tentu liburannya menjadi tidak menyenangkan. Maka dengan hadirnya alat ini, kamu bisa bercakap dengan siapapun dengan berbagai bahasa.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop