Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Submit Url Webmaster Tools Google/Search Console 2021

submit url Search Console

Submit Url Webmaster Tools - Mendapatkan pengunjung yang banyak adalah impian dari pemilik website. Bagaimana tidak, jika pengunjung blog tersebut banyak maka google akan lebih memperhatikan blog kita sehingga artikel yang kita buat akan tampil di halaman pertama google. Artikel di halaman pertama google biasanya merupakan artikel yang sudah banyak pengunjungnya dan juga websitenya sudah terkenal.

Agar dapat tampil di halaman pertama google, artikel yang sudah diposting harus terindeks terlebih dahulu. Untuk artikel baru, butuh waktu lama bagi google untuk mengindeksnya secara otomatis, oleh karena itu kita harus mengindeksnya secara manual dengan memanfaatkan google web master tools atau yang lebih dikenal dengan Google Search Console.

Biasanya artikel yang diindeks secara otomatis oleh google adalah artikel yang sudah lama dikirim. Jika sudah terindeks, artikel tidak otomatis tampil di halaman satu google, karena kita harus bersaing dulu dengan blog lain yang memilih kata kunci yang sama dengan kita. Oleh sebab itu dengan hadirnya google search console ini mempermudah kita untuk mewujudkan mimpi, yaitu tampil di page one google.

Apa yang Dimaksud Dengan Google Webmaster Tools/Search Console?

google webmaster tools adalah tool yang disediakan google secara gratis kepada para pemilik blog agar mudah memantau aktivitas blog mereka. Selain membantu dalam pemantauan blog, tools ini juga membantu kita dalam mengindeks artikel agar dapat muncul di halaman google. Minimal tampil di halaman 10 besar google.

Apakah webmaster tools sama dengan google search console? Jawabannya adalah sama. Pada tahun 2015, webmaster tools berganti nama menjadi google search console karena google berasumsi bahwa sebutan "webmaster" hanya ditujukan pada orang yang sudah ahli dalam bidang blogging, oleh karena itu perlu adanya pergantian nama untuk menghilangkan asumsi tersebut. Tools ini hanya berganti nama, fitur-fitur di dalamnya tetap sama.

Menurut saya tools ini sangat penting bagi pemilik blog pemula dan master blog, karena sangat untuk membangun sebuah blog jika kita tidak mengetahui kekurangan dan kelebihan blog. Di google search Console, kita bisa lihat jumlah total pengunjung, jumlah penayangan di mesin pencari, dan akan diberi peringatan jika ada aktivitas yang salah di website kita.

Sedikit tambahan, sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi agar blog tampil di halaman google, salah satunya adalah penerapan SEO yang benar. Jika kita mempelajari SEO artinya kita sedang mempelajari strategi agar website bisa tampil di page one google.

Cara Submit Url Webmaster Tools Google/Search Console 2021

Untuk Login di google console hanya menggunakan email, tulis alamat email dan password. Bagi yang sudah memiliki akun, maka tidak perlu mendaftar lagi karena google akan otomatis mengarahkan ke akun kamu. Bagi kamu yang belum mendaftar, ikuti langkah-langkah dibawah ini. Berikut cara mendaftarkan blog ke google web master tools


Baca Juga : 9 Tools Blog Baru Untuk Blogger Pemula 2021


1. Masuk ke page google search console, lalu klik kolom biru tulisan "mulai sekarang". Setelah itu kalian ada di arahkan untuk memilih jenis properti. Pilih jenis properti yang disebelah kanan, dengan memasukkan URL blog. Perhatikan gambar dibawah ini.

submit url Search Console

2. Setelah itu, lakukan verifikasi kepemilikan. Lalukan sesuai arahan, tag meta akan di pasang pada HTML blog.

3. Ini adalah tampilan beranda search console.

submit url Search Console

4. Langkah selanjutnya adalah kita akan menambahkan peta situs, klik kolom peta situs. Lalu kita akan memasukkan 3 URL peta situs. copy url dibawah ini, lalu tempelkan pada peta situs :

atom.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
sitemap.xml

submit url Search Console

5. Setelah memasukkan 3 url tersebut di peta situs, maka google akan melakukan perayarapan terhadap blog kita. Tunggulah dalam waktu 24 jam kita maka kita sudah bisa submit URL artikel.

submit url Search Console

Cara Mengindeks Artikel Google webmaster tools 2021

1. Buka blog kamu, lalu pilih artikel yang ingin kamu indeks. Setelah itu copy url tersebut lalu tempelkan pada kolom "Periksa semua URL".

submit url Search Console

2. Jika terdapat tulisan "URL tidak ada di Google" berarti artikel kamu belum terindeks, klik tulisan "minta pengindeksan".

submit url Search Console

Url yang belum diindeks bukan berarti urlnya tidak terbaca oleh google, hanya saja artikel tersebut belum bisa tampil di page google.

3. Setelah meminta pengindeksan, akan muncul tulisan konfirmasi pengindeksan diminta. Waktu pengindeksan setiap blog berbeda-beda, cek kembali setelah beberapa jam.

submit url Search Console

4. Jika pengindeksan berhasil, maka akan muncul tulisan "URL ada di Google" seperti gambar dibawah.

submit url Search Console

Tujuan Google Webmaster Tools

Mempercepat Indeks Artikel

Dengan adanya search console, kita tidak perlu lagi menunggu lama agar artikel terindeks oleh google. Dengan melakukan pengindeksan berarti kita meminta kepada pihak google agar artikel kita tampil di halaman google. Proses pengindeksan setiap blog berbeda-beda, ada yang hanya menunggu 1 menit saja lalu artikelnya langsung terindeks, ada yang menunggu selama 2 hari artikelnya baru terindeks.

Memantau Kinerja Website

Di google search console ada diagram yang menunjukkan tentang penayangan dan jumlah klik perhari, tools ini akan selalu update setiap hari jika ada pembaharuan di blog kita. Jika blog tidak terdaftar di web master tools maka kita tidak dapat mengetahui perkembangan blog.

Pemberi Peringatan Jika Terjadi Masalah di Website

Selain dapat mengindeks artikel, tools ini juga membantu kita dalam memberi peringatan jika ada kesalahan di website. Penjelasan tentang masalah tersebut juga disebutkan, jadi kita hanya perlu memperbaikinya saja.

Menghapus URL artikel yang Sudah Terindeks

Menghapus URL artikel yang sudah terindeks harus dilakukan di searh console, karena artikel tersebut sudah muncul di page google. Jadi jika kita ingin menghapusnya, tempat pengahapusan sudah tersedia di tools ini. Caranya sangat mudah, copy link artikel yang ingin dihapus, lalu tempelkan link tersebut pada menu penghapusan di search console.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop