Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

6 HP 5G Terbaru yang Banyak Diminati di Indonesia

HP 5G Terbaru

HP 5G Terbaru - Saat ini jaringan 5G mulai banyak diterapkan di HP keluaran terbaru di Indonesia. Sebelumnya kita sudah mengenal jaringan 2G, 3G, dan 4G, seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Banyak inovasi baru yang muncul dan membawa perubahan, termasuk dalam hal jaringan Internet. Jaringan 5G muncul untuk memperbaiki kekurangan pada jaringan 4G, terutama dalam kecepatan akses internet.

Semakin tinggi level jaringan internet maka semakin memperlancar aktivitas kita saat menggunakan internet. Meskipun kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan 4G, masyarakat tetap ingin perubahan ke arah yang baik mengenai jaringan internet. Di tengah pandemi masyarakat dituntut untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah, termasuk belajar dan bekerja. Oleh karena itu, masyarakat butuh jaringan internet yang lancar.

Perubahan jaringan internet ini disambut baik oleh masyarakat indonesia, karena selama ini jaringan 4G dirasa belum maksimal dalam kecepatan internet. Sejak awal tahun 2021, ada banyak smartphone dengan jaringan 5G yang baru dirilis. Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan informasi tentang 6 HP 5G Terbaru  yang Banyak Diminati di Indonesia.


Apa Itu 5G?

5G adalah generasi ke lima dari jaringan internet. Teknologi jaringan ini merupakan lanjutan dari 4G yang sedang kita gunakan sekarang. Kehadiran teknologi ini ditujukan untuk lebih mempercepat layanan jaringan internet dari generasi sebelumnya, yaitu 4G. Jika pada jaringan 4G kita dapat mengunduh film dalam waktu 30 menit, maka setelah hadirnya 5G diharapkan durasi pengunduhan tersebut lebih cepat.

Pada jaringan 1G, teknologi komunikasi masih jauh dari kata "sempurna", yang bisa dilakukan pada jaringan 1G hanyalah menelpon lewat telpon seluler dengan jaringan yang buruk. Pada jaringan 2G, kita mulai bisa berkirim pesan teks lewat layanan SMS. Pada jaringan 3G, internet sudah dapat diakses. Platform komunikasi mulai muncul seperti, facebook dan twitter. Hadirnya 3G menjadi awal kemunculan perusahaan teknologi yaitu Apple inc. Lalu pada awal tahun 2009 muncul jaringan 4G yang masih kita gunakan sampai sekarang. Dampak jaringan 4G ini sangat besar, terdapat banyak sekali platform komunikasi yang bisa digunakan, mulai dari WhatsApp, Instagram, LinkedIn, dan Youtube.

Pada tanggal 27 mei 2021 Kementrian komunikasi dan informatika meresmikan jaringan 5G di indonesia dengan menggandeng Telkomsel sebagai operator pertama yang menawarkan jaringan 5G. Indonesia bukan negara pertama yang menerapkan layanan 4G, sebelumnya ada negara Amerika, Jepang, China, Korea Selatan serta beberapa negara lain sudah menerapkan teknologi jaringan terbaru ini.


Baca Juga : Dapatkan Pekerjaan Lewat Linkedin 2021 dengan Melakukan Tips Ini


Kenapa Harus Menggunakan 5G?

Seperti yang sudah kita bahas diatas kehadiran 5G ini bertujuan untuk menyempurnakan jaringan 4G. Informasi dari beberapa sumber mengatakan bahwa konektivitas pada jaringan 5G lebih cepat daripada jaringan sebelumnya, untuk mengunduh berkas dengan ukuran besar hanya perlu menunggu dalam hitungan detik saja. Selain itu, kehidupan pada zaman sekarang tidak terlepas dari yang namanya internet. Semua aktivitas selalu berkaitan dengan penggunaan internet, baik itu dalam hal pekerjaan atau pendidikan.

Selain memiliki kecepatan internet diatas rata-rata, 5G memiliki daya tampung jaringan yang besar. Ini sangat penting bagi kota yang memiliki penduduk padat, karena akan mendapat pelayanan internet yang lebih bagus lagi. Semakin banyak yang menggunakan internet, maka daya tampung yang dibutuhkan juga semakin besar.


8 HP 5G Terbaru yang Banyak Diminati di Indonesia

Ketika ingin menggunakan handphone 5G berarti kita sudah merencanakan bahwa HP tersebut akan digunakan beberapa tahun kedepan saat jaringan 5G mulai tersebar merata di Indonesia, oleh karena itu jangan sampai kita salah memilih HP. Berikut ini ada beberapa HP yang menyediakan jaringan 5G :

1. Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro baru rilis di Indonesia beberapa hari yang lalu dengan membawa banyak keunggulan bagi penggunanya. Dengan fasilitas dual 5G standby mempermudah pengguna untuk menjalankan jaringan 5G. Layarnya berukuran 6,5 inci FHD+ 90Hz sangat nyaman untuk digenggam atau disimpan dalam saku. Dilengkapi dengan Baterai 5.000 mAh yang memungkinkan HP dapat bertahan dalam 2 hari tanpa pengisian daya, fast-charging 18W untuk pengisian baterai lebih cepat.

2. Realme 8 5G

Realme 8 5G

Kehadiran real mi 8 disambut dengan sangat baik oleh masyarakat indonesia, ini terbukti dari banyaknya pembahasan tentang smartphone ini di Indonesia. Real Mi 8 sudah mampu menangkap sinyal 5G dari operator yang memberikan layanan 5G. Kedua slot sim sudah mendukung untuk jaringan 5G. Performa Real Mi 8 sangat bagus saat mengakses media sosial seperti instagram, twitter, dan youtube, tidak ditemui masalah yang begitu berarti. Saat bermain game di HP ini, jalannya game tetap lancar tanpa ada kendala lag dan sebagainya.

3. Xiaomi Redmi Note 10 5G

Xiaomi Redmi Note 10 5G

Tepat pada 22 Juli 2021 Xiaomi Redmi Note 10 5G resmi rilis di indonesia. HP ini menyediakan 2 pilihan memori yaitu 128GB ROM dengan 4GB RAM dan 128GB ROM dengan 8GB RAM, silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Didukung dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh disertai dengan fast-charging 18W dan dilengkapi pula dengan Near Field Communication. Ukuran layar sangat pas untuk digenggam, yaitu 6,5 inci Full HD+.

4. Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro

Tahun 2021 perusahaan Oppo dengan percaya diri mengenalkan HP terbaru unggulan mereka yaitu Oppo Find X3 Pro. Ditengah ketatnya persaingan HP dengan Jaringan 5G, oppo menghadirkan sebuah smartphone dengan ukuran layar 6,7 inci LTPO AMOLED. Fitur menarik dari HP ini adalah Nature tone display yang secara otomatis dapat mengatur pencahayaan sesuai dengan lingkungan di sekitar, mirip dengan fitur yang terdapat di Iphone.

5. Samsung Galaxy A22 5G

Samsung Galaxy A22 5G

Smartphone milik Samsung memang terkenal sangat bagus, tak heran HP Samsung masih menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia, pertengahan tahun 2021 ini samsung mengenalkan inovasi barunya yaitu Samsung Galaxy A22 5G. Berbeda dengan varian lainnya, varian ini didukung dengan teknologi jaringan 5G. Lebar layar sebesar 6,5 inci FHD+ dan menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass. HP ini juga sudah menggunakan OS android 11 serta memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB, baterai berkapasitas 5.000 mAh ditambah dengan Fast Charging 15watt.

6. Xiaomi Mi 10T 5G

Xiaomi Mi 10T 5G

Xiaomi Mi 10 T rilis pada awal tahun 2021 dan memiliki chipset flagship. Mi 10T merupakan handphone Snapdragon 865 dengan RAM 8 GB dan Penyimpanan internal 128 GB. Corning Gorilla Glass digunakan untuk melindungi bagian depan dan belakang HP agar tidak cepat rusak atau kotor.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop