Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop Mudah

cara Membuat akun instagram 2021

Membuat akun instagram 2021 - Memiliki akun instagram merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi di sosial media. memiliki akun instagram memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang baru yang belum pernah ditemui sebelumnya, sekalipun berasal dari daerah yang berbeda. dan itu merupakan peluang untuk memperluas relasi.

Tujuan membuat akun instagram setiap orang berbeda. Ada yang membuat akun instagram sebagai peluang bisnis, membuat akun instagram untuk menawarkan jasa, personal branding, dan untuk media hiburan. Buatlah akun instagrammu sebaik mungkin, sajikan konten-konten unik dan menarik agar akun tersebut bermanfaat bagi banyak orang dengan begitu followers akan datang dengan cepat. 

Untuk memulainya kamu harus memiliki akun instagram terlebih dahulu, berikut panduan lengkap cara membuat akun instagram 2021 di HP dan Laptop :

Langkah-Langkah membuat akun Instagram

Catatan : nomor pada gambar merupakan tahapan secara sistematis, nomor warna merah di sebelah kiri adalah tahapan membuat akun di PC sedangkan yang biru di sebelah kanan adalah tahapan membuat akun di HP

1. Bukalah web dan aplikasi instagram di browser laptop dan di HP

Di web instagram kita bisa mendaftar dengan nomor hp atau email, pilih salah satu. Lalu masukkan nama, username dan password. Setelah itu tekan kolom "sign up" Di hp kita bisa langsung menuliskan username sampai muncul tanda ceklis hijau seperti di gambar. Setelah itu tekan tombol "selanjutnya".

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

2. Di aplikasi kita bisa langsung memasukkan kata sandi. Sedangkan di web, kita harus menentukan tanggal lahir terlebih dahulu. Syarat pendaftaran instagram adalah pengguna berusia diatas 18 tahun

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

3. Bagi yang mendaftar menggunakan nomor hp maka tunggulah sampai kode verifikasi dikirim melalui sms. Jika mendaftar melalui email maka kode verifikasi akan dikirim melalui email. Setelah menerima kode, tekan tombol "selanjutnya".

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

4. Di web kita diarahkan untuk memasukkan ulang nomor telepon untuk mendapat kode yang baru. Sedangkan di aplikasi hanya tinggal memasukkan kode dengan benar, lalu tekan "kirim konfirmasi". jika kode belum didapatkan, maka pilih "kirim ulang kode".

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

5. Di web kita tinggal masukkan kode kedua, lalu tekan "kirim". Di aplikasi, tahap verifikasi telah selesai, silahkan tambahkan foto profil atau tekan "lewati" jika belum ingin menambahkan foto.

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

6. Pendaftaran akun telah selesai.

Cara Membuat Akun Instagram 2021 di HP & Laptop

Langkah Selanjutnya adalah Mengelola dan Menjaga Keamanan Akun

Langkah penting berikutnya yang harus kamu lakukan adalah kelola dan atur instagrammu sesuai dengan tujuan, jangan biarkan akun tersebut kosong seperti tidak memiliki aktifitas. Berikut adalah saran pengelolaan akun instagram yang bisa kamu lakukan : 

1. Mengatur Privacy Akun

Akun instagram terbagi atas dua jenis, yaitu akun privat dan akun publik. Jika akun privat diaktifkan, maka pengguna lain tidak bisa dengan mudah melihat akunmu, mereka harus menjadi followers agar bisa melihat foto di akunmu. Keuntungan mengaktifkan menu private ini yaitu privasi akan terjaga.

Selanjutnya yaitu akun publik, jika akun publik diaktifkan maka pengguna lain bisa dengan bebas melihat feed instagrammu tanpa persetujuan pemilik akun, jika kamu ingin membangun akun untuk bisnis maka sebaiknya aktifkan akun publik.

Cara mengubah privasi akun : buka aplikasi, lalu bukan pengaturan, dan pilih menu pengaturan privasi (ikon seperti gembok). Setelah itu kamu bisa memilih privat atau publik.

2. Catat Kata Sandi

Sebaiknya kamu mencatat kata sandi akunmu dalam catatan hp atau di kertas untuk jaga-jaga jika kamu lupa. Jika kamu memiliki akun lain di platform lain, usahakan membuat kata sandi yang berbeda. Tapi tidak masalah jika ingin menyamakan semua password di berbagai akun.

3. Follow akun-akun penting sesuai minat 

Ikuti akun-akun sesuai minatmu, jika kamu minat dalam memasak maka follow akun tentang masakan, jika ingin mengetahui informasi tentang dunia sepak bola maka followlah akun yang bersangkutan. Jangan lupa untuk mengikuti akun orang-orang terdekat sepeti keluarga atau sahabat agar kamu bisa mengetahui aktifitas mereka di instagram.

4. Tentukan Niche Instagram

Niche adalah topik dari instagram. Dengan memilih niche maka kita tau kemana akun kita akan diarahkan. Jika kamu memilih niche pendidikan maka otomatis akunmu akan membagikan informasi seputar pendidikan. Ada banyak pilihan niche yang bisa digunakan, seperti informasi teknologi, kesehatan, resep masakan, hiburan, hingga foto-foto liburan. Pilihlah niche sesuai dengan minatmu supaya tidak kehabisan ide saat ingin menambah postingan.

5. Percantik Feed Instagram

Feed instagram yang rapi dan enak dilihat biasanya akan cepat mendapat followers. Untuk mewujudkannya, salah satu cara yang mudah dilakukan yaitu mengedit foto sebelum mengirimkan ke instagram. Editlah gambar sebagus mungkin, usahakan setiap foto memiliki ukuran yang sama agar akunmu terlihat estetik. Jika followers sudah banyak, tidak menutup kemungkinan akunmu akan segera memiliki penghasilan.


Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021