Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Rekomendasi Niche Blog Terbaik 2021 bagi Pemula serta Cara Memilih Niche

Rekomendasi Niche Blog Terbaik 2021

Rekomendasi Niche Blog Terbaik 2021 - Setiap blogger pemula pasti ingin blognya berkembang dengan pesat, semua cara akan dilakukan untuk membuat blog tersebut memiliki progres yang baik kedepannya. Belajar blogging adalah salah satu cara yang dilakukan oleh blogger pemula untuk mencari ilmu tentang dunia blog. Belajar tentang cara memilih niche yang tepat untuk blogger pemula merupakan langkah awal yang harus diketahui setiap blogger jika ingin menciptakan blog yang baik.

Pada saat membaca atau melihat tutorial tentang pembuatan artikel untuk blog, pernahkah kamu mendengar kata "niche"? Mungkin kamu pernah mendengarnya, tapi belum mengetahui arti dari niche. Oleh karena itu intelek tekno akan mencoba memberikan penjelasan tentang cara memilih niche blog bagi pemula.

Pengertian Niche

Niche adalah topik pembahasan utama dalam blog, dengan memilih niche berarti kamu memilih satu topik pembahasan yang akan menjadi pembahasan pokok di dalam blog kamu. Contohnya jika kamu memilih niche kesehatan, maka artikel yang akan kamu buat adalah artikel yang berkaitan dengan kesehatan. Jika kamu memilih niche tentang blog maka artikel yang kamu buat tentu berkaitan dengan informasi tentang blog.

Menurut beberapa blogger senior, blog dengan satu niche memiliki peluang lebih besar diterima oleh google adsense dari pada blog gado-gado alias blog dengan banyak niche. Kenapa demikian? Karena dengan satu topik pembahasan, google adsense akan mudah mengkategorikan blog kamu, sehingga iklan yang akan muncul adalah iklan yang berkaitan dengan topik blog. Contohnya blog niche kecantikan akan menampilkan iklan adsense tentang skincare atau make up.

Blog dengan satu niche akan mudah diingat oleh visitor karena informasi yang disajikan dalam blog tersebut memiliki topik yang sama sehingga visitor akan kembali berkunjung untuk mencari informasi terbaru tentang topik yang ingin mereka cari.

Cara Memilih Niche Untuk Blog bagi Pemula

Berikut ada beberapa cara untuk memilih niche bagi blog bagi pemula

1. Pilih niche sesuai minat

Memilih niche sesuai minat dan hobi adalah cara yang sangat disarankan untuk pemula. Jika kita mengerjakan sesuatu sesuai dengan minat maka pekerjaan tersebut akan mudah diselesaikan, begitu pula dalam memilih niche. Semakin tinggi minat kita terhadap niche tersebut maka semakin mudah kita mencari ide konten yang akan diupload ke dalam blog

2. Pilih niche sesuai keahlian

Manfaatkan keahlianmu untuk menentukan niche blog. Seorang koki bisa memilih niche masakan untuk mencari ide kontennya karena dengan pengalaman dan ilmu yang dimilikinya sangat membantu untuk menciptakan sebuah pembahasan yang berkaitan dengan keahliannya. Ini sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki ilmu dalam bidang tertentu.

3. Pilih Niche dengan persaingan rendah

Niche dengan persaingan rendah maksudnya adalah niche tersebut jarang dipilih oleh orang lain tapi memiliki peluang yang besar untuk memancing visitor. Contohnya niche yang membahas tentang saham, perbankan, atau asuransi. Orang yang bekerja dalam bidang tersebut bisa menciptakan sebuah artikel yang mungkin diminati oleh banyak orang dan persaingannya kecil.

Dari ketiga point di atas, saya sarankan untuk blogger pemula memilih point satu dan dua agar tidak kehabisan ide untuk menciptakan konten menarik. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat konten yang tidak sesuai dengan kehendak hati.

Rekomendasi Niche Blog Terbaik 2021

Berikut ini ada 10 niche terbaik yang bisa kamu pilih untuk diterapkan dalam blogmu :

1. Teknologi

Niche teknologi berkaitan dengan perkembangan teknologi zaman sekarang. Kamu bisa menuliskan pengetahuanmu tentang teknologi yang kamu kuasai contohnya memberikan tutorial tentang mengatasi masalah di laptop dan hp. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan pemgetahuanmu tentang teknologi terbaru seperti review tentang hp dan laptop baru.

2. Resep Masakan

Niche resep makanan cocok untuk kamu yang hobi memasak. Resep masakan yang kamu miliki bisa diupload pada blog kamu sebagai konten. Niche ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencoba resep baru untuk masakan. Jika kamu terus mengirimkan konten masakan yang unik, tidak menutup kemungkinan blog kamu akan dikenal oleh banyak orang.

3. Berita

Jika memilih niche yang satu ini pastikan bahwa kamu selalu update tentang berita terbaru atau berita yang viral. Blog berita sangat mudah mendatangkan visitor karena setiap orang pasti ingin mengetahui berita terupdate. Jika niche ini cocok untukmu, mulailah mencari berita terbaru dan langsung ketik di blog kamu.

4. Wisata

Niche ini cocok untuk para traveler, berikan review tentang tempat-tempat wisata terfavorit di wilayah tempat tinggalmu serta tambahkan foto-foto yang estetik agar visitor nyaman melihat hasil potretanmu dan visitor tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

5. Kesehatan

Niche tentang kesehatan menyediakan informasi kesehatan tubuh. Topik yang dibahas sangat luas, bisa membahas tentang penyakit, obat-obatan, serta pengobatan tradisional yang sudah terpercaya. Jangan asal-asalan menulis artikel tentang kesehatan karena akibatnya sangat fatal jika salah menyampaikan informasi.

6. Skincare

Niche blog yang satu ini digemari oleh visitor wanita yang ingin mencari tau tentang info kesehatan kulit. Jika ingin memilih niche ini maka sasaran terkuat kamu adalah wanita. Artikel yang kamu buat nantinya bisa beragam, mulai dari review skincare, cara membuat skincare dari bahan alami, sampai dengan informasi tentang kecantikan.

7. Wirausaha

Niche ini menjelaskan seluk beluk tentang kewirausahaan, kamu bisa menjadi pembimbing bagi visitor yang ingin berwirausaha. Sajikan konten yang unik agar pembaca tidak bosan dalam membaca penjelasanmu.

8. Fashion

Perkembangan fashion saat ini sudah maju, banyak merk fashion yang sudah terkenal dan mendunia. Dalam niche blog ini kamu bisa memberikan informasi tentang cara berpenampilan yang baik dan memberikan berita terbaru tentang merk terkenal.

9. Parenting

Tema blog yang satu ini selalu di cari setiap waktu, semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pula informasi yang didapatkan. Oleh karena itu kamu bisa menyajikan kembali informasi tentang parenting yang telah dipelajari.

10. Tutorial Cara Cepat

Memberikan tutorial tentang cara cepat dalam menghadapi suatu masalah, niche blog ini berpotensi mendatangkan pengunjung karena informasi yang diberikan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari contohnya : cara cepat mengetik di word, cara cepat memahami pelajaran.


Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop