Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Membuat Grup DM instagram dan twitter

Membuat Grup DM twitter Dan Grup Instagram - Semenjak hadirnya fitur grup DM di instagram dan twitter, berinteraksi di sosial media menjadi lebih menyenangkan. Pasalnya kita bisa berkomunikasi dengan anggota kelompok yang sudah bergabung dalam grup, anggota grup bisa berasal dari teman dekat atau teman yang kita temui di sosial media.

Dengan adanya grup DM, kita bisa mendapatkan informasi atau membagikan informasi pada teman-teman yang berada di dalam grup. Informasi tersebut biasanya didapat dari postingan akun instagram atau twitter yang dibagikan oleh anggota ke dalam grup. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tanda love atau like jika kamu benar-benar suka dengan postingan yang dibagikan oleh teman.

Cara membuat grup DM twitter dan instagram sangat mudah, cukup dengan memiliki akun saja kamu sudah bisa membuat grup. Beri tau dulu teman-teman mu bahwa kamu akan membuat sebuah grup di sosial media tersebut sebelum kamu mengundang mereka. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menciptakan grup tersebut.


Membuat Grup DM Instagram

Fitur grup DM instagram sudah ada sejak tahun 2017 dan mendapat tanggapan baik dari pengguna Instagram. Fitur ini dimanfaatkan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan teman dekat mereka di instagram. Sebelum fitur ini dirilis, kita hanya bisa mengirim DM ke satu orang saja.

Meskipun instagram sudah bisa digunakan di web, tapi kali ini kita tidak akan membuatnya di web. Berikut ini tahapan membuat grup di instagram menggunakan aplikasi :

1. Langkah pertama, buka aplikasi instagram di HP kamu. Setelah sampai di halaman awal, tekan ikon pesan yang ada di sebelah kanan atas.

Membuat Grup DM instagram

2. Ikon pesawat kertas ini merupakan fitur DM. Selanjutnya, tekan ikon pensil dan kertas yang berada di sebelah kanan atas untuk menambahkan beberapa akun yang ingin kamu undang ke dalam grup.

Membuat Grup DM instagram

3. Pilih beberapa akun yang akan bergabung ke dalam grup, laku klik tulisan "obrolan" untuk mulai berbicara. Nah, sekarang grup telah berhasil dibuat. Coba ketik pesan di dalam grup agar temanmu bisa bergabung dalam obrolan tersebut.

Membuat Grup DM instagram

4. Langkah selanjutnya adalah mengganti nama grup. Caranya dengan meng-klik judul grup di bagian atas, lalu buatlah nama grup yang sudah disepakati dengan teman-teman. Di platform ini tidak ada menu untuk mengganti foto grup, jadi cara membedakannya adalah melihat perbedaan pada nama grup.

Membuat Grup DM instagram

Selain bisa mengirim pesan, DM instagram juga memungkinkan kita untuk melakukan video call seperti pada platform chat lainnya. Informasi lainnya, Penambahan anggota masih bisa dilakukan oleh admin dan anggota grup selama grup tersebut masih aktif digunakan.

Update terbaru seputar DM instagram yaitu baru-baru ini instagram telah merilis fitur baru yang disebut dengan filter direct messenger. Fitur ini ditujukan untuk pengguna yang ingin menyaring DM yang masuk, jika mengaktifkan fitur ini maka pesan dari orang lain tidak akan langsung tersampaikan pada kita.


Membuat Grup DM Twitter

Sama seperti instagram, Twitter juga menyediakan layanan direct messeger bagi penggunanya. Fitur ini sudah lama dirilis oleh twitter, sekitar tahun 2011. Pengguna merasa senang dengan adanya fitur ini, tapi tetap meminta penambahan fitur lainnya seperti VN dan hapus pesan.


Baca Juga : Fitur Unsend DM Twitter 2021 Sangat Diinginkan Oleh Pengguna Twitter


Seperti yang sama-sama kita ketahui, twitter juga memberikan layanan grup DM kepada penggunannya. Kamu bisa mengundang siapapun ke dalam grup dan kamu juga bisa diundang oleh siapapun ke dalam grup tersebut. Ikuti beberapa langkah dibawah ini secara berurutan :

1. Buka aplikasi twitter di smartphone. Saat sampai di halaman utama, pilih menu pesan yang ada di sudut kanan bawah. Pada menu ini kita bisa melihat nama akun yang pernah chatting dengan kita.

Membuat Grup DM Twitter

2. Selanjutnya, klik ikon kotak surat yang ada di bagian bawah pesan, lalu ketik nama seseorang yang ingin kamu undang. Kamu harus mengundang lebih dari satu orang ke dalam grup. Setelah menandai beberapa orang, tekan tombol "lanjutkan".

Membuat Grup DM Twitter

3. Ini adalah tampilan di dalam grup, artinya kamu telah selesai mengerjakannya. Silahkan ketik pesan untuk memberi tau temanmu bahwa kamu telah mengundang mereka.

Membuat Grup DM Twitter

4. Untuk mengubah foto, tekan tanda "bulat" di samping judul grup. Setelah itu, ganti gambar sesuai dengan keinginanmu. Disini kamu juga bisa keluar dari grup, tinggal klik "keluar dari percakapan", jika sudah keluar, kamu tidak bisa masuk lagi tanpa diundang oleh admin.

Membuat Grup DM Twitter

Untuk fitur unsend DM memang belum ada, tapi twitter akan selalu melakukan perbaikan dan menambah fitur. Ini terbukti dari adanya fitur-fitur baru yang tersedia. Jadi, manfaatkan semua layanan yang ada dengan sebaik mungkin.

Bisakah Seseorang Bergabung Tanpa Diundang?

Jawabannya tentu saja tidak bisa, karena grup ini bersifat tertutup dan sangat dijaga privasinya. Jika grup bisa diakses secara terbuka maka privasi dari pengguna tidak akan tersimpan dengan baik. Jadi, tidak perlu khawatir jika sudah masuk ke dalam grup.

Jika kamu diundang ke dalam grup yang anggotanya tidak kamu kenal maka sebaiknya keluar saja dari grup tersebut. Hal seperti ini sudah biasa terjadi, tekan saja tombol "keluar dari percakapan". Jika kamu ingin kembali bergabung, maka hubungi admin atau seseorang yang kamu kenal. Jika kamu ingin memberi saran atau komentar, silahkan ketik di kolom yang sudah disediakan, terimakasih.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop