Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Daftar Clubhouse Android 2021 Serta Mengenal Aplikasi Clubhouse

daftar clubhouse android 2021

Daftar Clubhouse Android - Kemajuan teknologi komunikasi mengakibatkan terciptanya banyak aplikasi media sosial. Dulu kita mengenal "raksasa" media sosial yaitu facebook, lalu beberapa tahun kemudian muncul aplikasi media sosial yang terkenal seperti instagram, twitter, dan whatsapp. Inovasi terbaru terhadap media sosial biasanya disambut dengan baik oleh masyarakat di dunia.

Pada tahun 2020 muncul sebuah aplikasi media sosial bernama clubhouse yang menarik perhatian banyak orang. Berbeda dengan media sosial lainnya, aplikasi ini memungkinkan kita untuk berbicara dengan pengguna clubhouse lainnya meskipun kita belum mengenal pengguna tersebut. Tentu ini merupakan inovasi terbaru dalam perkembangan media sosial.

Di Indonesia aplikasi ini baru dikenal luas pada bulan februari tahun 2021. Pada awal kemunculannya aplikasi ini memang masih kalah saing dengan platform media sosial lain, hal ini terjadi karena clubhouse dulu menggunakan fitur beta khusus undangan sehingga tidak semua orang bisa bergabung pada aplikasi tersebut. Pengguna harus mendapat undangan terlebih dahulu agar bisa mendaftar di aplikasi.

Berdasarkan informasi terbaru, fitur beta ini sekarang tidak digunakan lagi, jadi semua orang bisa bergabung di platform ini. Dengan adanya perbaikan tersebut, tidak menutup kemungkinan aplikasi ini memiliki banyak pengguna di Indonesia. Bagi kamu yang ingin menggunakan media sosial ini, mari kenali terlebih dahulu clubhouse dan cara mendaftarnya.


Apa itu Clubhouse?

Clubhouse adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya berinteraksi atau berbicara lewat audio. Berbeda dengan aplikasi chatting whatsapp yang menggunakan teka untuk berinteraksi, club house menyediakan layanan bagi penggunanya untuk berbicara dengan pengguna lain menggunakan suara audio. Lebih menarik lagi, kita bisa mendengar percakapan orang lain, menelpon, dan mendengarkan podcast mengenai suatu topik.

Intinya, aplikasi ini merupakan platform yang bisa mengadakan diskusi umum bagi para penggunanya. Mungkin ini terdengar sepeti siaran langsung, padahal sebenarnya tidak. Siaran langsung menampilkan video, sedangkan clubhouse hanya menampilkan suara. Jadi, ketika ada artis yang sedang aktif di clubhouse, kamu hanya bisa mendengar suaranya saja.

Pada masa awal dirilis Clubhouse hanya bisa digunakan oleh perangkat IOS, untuk mendaftar ke aplikasi ini dibutuhkan undangan dari teman yang sudah duluan mendaftar di platform ini. Meskipun menggunakan beta undangan khusus, aplikasi ini sangat sukses di IOS. Dengan kesuksesan tersebut clubhouse memberikan peluang bagi pengguna android untuk dapat bergabung di aplikasi tersebut.


Perkembangan Clubhouse

Clubhouse dirancang oleh Paul Davidson dan Paul Seth dan dirilis tahun 2020. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Alpha Exploration. Pandemi covid-19 mulai melanda dunia semenjak awal bulan maret 2020 menuntut manusia untuk membatasi interaksi secara langsung dengan manusia lain. Kehadiran aplikasi ini sangat membantu masyarakat yang sedang membatasi diri dari kerumunan karena dengan bergabung di cubhouse kita dapat saling berbicara tanpa ada interaksi fisik.

Pada bulan mei 2021, clubhouse resmi rilis di android, dapat di unduh di playstore, dan bisa digunakan oleh semua orang karena mode undangan khusus yang dulunya diterapkan tidak dipakai lagi pada tahun 2021.

Di indonesia awalnya clubhouse tidak diberi izin oleh kemkominfo karena belum mendaftar dan belum memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Tapi sampai sekarang ini clubhouse masih bisa kita gunakan di smartphone android dengan cara mengunduh aplikasi di playstore lalu mendaftar akun. Bagi kalian yang belum paham cara mendaftar akun Clubhouse, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Cara Daftar Clubhouse Android

Sebelum menggunakan clubhouse, kita harus membuat akun terlebih dahulu. Mendaftar akun clubhouse di android sangat mudah, tidak perlu undangan untuk masuk ke aplikasi ini. Lakukan langkah berikut :

1. Unduh aplikasi di playstore. Setelah itu, buka aplikasi dan mulai mendaftar. Tahap pertama, masukkan nomor telepon yang masih aktif agar pihak clubhouse dapat mengirim kode verifikasi melalui SMS.

daftar clubhouse android 2021

2. Setelah mendapat kode verifikasi berupa angka. Ketik kode tersebut di kolom yang sudah disediakan. Jika kode belum terkirim, silahkan klik tulisan berwarna biru dibawah kolom. Selanjutnya, isi nama yang ingin kamu tampilkan di akun.

daftar clubhouse android 2021

3. Tahap selanjutnya, buat username untuk mempermudah teman mencari akun kamu di clubhouse. Tambahkan foto profil jika ingin menambahkan sekarang. jika belum ingin memasang foto, klik tulisan "skip" di sudut atas.

daftar clubhouse android 2021

4. Kamu telah selesai mendaftar. Ini adalah tampilan halaman depan clubhouse. Terdapat saran akun lain yang bisa kamu ikuti. Semakin banyak orang yang kamu follow, maka semakin banyak obrolan yang bisa kamu dengarkan. Untuk memulai obrolan, klik kolom "buat ruang" setelah itu undang beberapa teman yang kamu izinkan untuk bergabung

daftar clubhouse android 2021



Keunggulan Aplikasi Clubhouse

Hemat Penyimpanan Memori HP

Ukuran aplikasi ini sangat kecil hanya 22 MB, kalian tidak perlu menyediakan banyak ruang untuk menyimpan aplikasi ini. Dengan ukuran file yang kecil, kamu bisa mendapat banyak manfaat. Berbeda dengan media sosial lainnya yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan saat mengunduhnya. Hal ini sebanding dengan fitur yang tersedia dalam platform tersebut, fitur di dalam aplikasi bisa dibilang sangat simpel sehingga tidak menghabiskan ruang memori.

Menambah Relasi

Relasi merupakan hal penting yang harus kamu miliki. Dengan berkenalan dengan banyak orang, akan ada manfaat yang kita dapatkan. Nah, bagi kamu yang ingin menambah teman, silahkan bergabung di percakapan clubhouse. Ketika kamu masuk ke sebuah ruang diskusi, maka kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat pembahasan yang sama denganmu. Perkenalkan diri kamu dan ajak mereka berteman.

Mendapat Ilmu

Aktivitas dalam platform clubhouse tidak hanya berbentuk obrolan ringan, diskusi mengenai suatu ilmu juga bisa kamu dapatkan disini. Contohnya jika kamu ingin belajar tentang blog, maka silahkan cari akun para master blog dan ikuti obrolan mereka jika mereka sedang aktif. Berbagai jenis podcast dengan tema menarik juga bisa kamu dapatkan disini.

Berpeluang Untuk Menciptakan Komunitas

Jika kalian memiliki satu hobi dan ingin bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa, kamu bisa membuka sebuah percakapan dan tunggu hingga ada yang ingin bergabung dengan ruang clubhouse kamu. Inilah gunanya clubhouse bagi orang yang ingin menciptakan sebuah komunitas. Misanya kamu hobi menulis dan ingin berteman dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama denganmu, orang tersebut bisa kamu temukan di clubhouse.

Tempat Untuk Berdiskusi

Ada masanya kita ingin mengeluarkan isi pikiran dan argumen terhadap suatu topik yang kita minati tapi tidak memiliki ruang untuk menyampaikannya. Jika kamu memiliki masalah seperti ini, bukalah ruang percakapan lalu bertemu dengan orang-orang yang ingin mendengar isi pikiran kamu. Berdiskusi secara online bisa menjadi tempat latihan bagi kamu yang belum percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Seiringan dengan berkembangnya teknologi semakin banyak pula jejaring sosial yang muncul dengan fitur-fitur menarik, manfaatkan hal tersebut agar sukses di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Tulis pertanyaan, komentar dan saran di kolom komentar.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop