Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Teknologi AR Photocard

AR Photocard - Kehadiran teknologi AR dalam dunia permainan, membawa dampak besar terhadap perkembangan AR. Game Pokemon Go merupakan permainan yang terkenal pada tahun 2017. Banyak orang yang tidak tau sebenarnya game tersebut menggunakan teknologi AR. Dengan kehadiran game tersebut kita bisa mengenal lebih dekat tentang AR dengan cara yang menarik, yaitu melalui permainan.

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda berbentuk tiga dimensi dengan lingkungan sekitar, sehingga benda tersebut nampak nyata di lingkungan kita. Contohnya saat game pokemon go, kita diberi misi untuk mencari pokemon dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan oleh aplikasi. Ketika berhasil ditemukan, maka pokemon tersebut akan tampil di layar smartphone seolah-olah ia berada di dekat kita.

Berbicara mengenai AR pasti selalu dikaitkan dengan VR dan MR. Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memberikan pengalaman memasuki dunia 3D dengan bantuan alat yang digunakan di kepala. Sedangkan Mixed Reality (MR) adalah gabungan antara VR dan AR, contohnya yaitu teknologi holoLens yang diciptakan Microsoft. Ketiga teknologi ini sudah ada sejak lama, tapi pada saat itu hanya digunakan untuk hal-hal penting seperti latihan militer dan untuk pendidikan.

Di kalangan para penggemar kpop, terdapat merchandise berbentuk kartu yang sedang viral saat ingin. Dalam kartu tersebut ada sebuah foto artis yang bila discan dengan HP maka foto tersebut nampak bergerak, benda ini dikenal dengan nama Photocard.


Baca Juga : Perbedaan VR, AR, dan MR 2021 Serta Nasibnya di Masa Depan


Apa itu AR Photocard?

AR Photocard adalah foto kartu yang bisa bergerak, maksudnya yaitu sebuah kartu yang apabila discan lewat kamera handphone menggunakan aplikasi, maka foto tersebut nampak bergerak. Benda ini merupakan bonus yang kita dapatkan saat memesan album.

Sebelum AR Photocard ini terkenal, bonus dari album yaitu seperti foto artis saja. Foto tersebut tidak dapat bergerak. Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi, ada inovasi terbaru yang terus dikembangkan, AR Photocard adalah salah satunya.

Pada tahun 2017 kita mengenal game populer pada saat itu, yaitu pokemon go. Permainan tersebut merupakan permainan yang menggunakan teknologi AR yang sebelumnya belum pernah diterapkan pada game lain. Jika game saja bisa terhubung dengan AR maka sebuah kartu pun bisa melakukan hal yang sama. Cukup dengan kamera Handphone, aplikasi, dan sebuah kartu AR kita bisa mencoba teknologi terbaru ini.

Benda ini mungkin terkenal di kalangan penggemar Kpop saja, karena benda ini belum akrab dengan non-kpopers. Sebelum benda ini terkenal, ada sebuah kartu AR yang terkenal di Indonesia. Jika kartu tersebut di scan dengan aplikasi khusus maka akan nampak karaktek 3 dimensi bergerak di atas kartu tersebut. Simak penjelasan di bawah ini.


Kartu AR Untuk Permainan

Kartu AR Game adalah sebuah kartu yang dapat discan untuk memunculkan karakter kartun yang dapat bergerak. Benda ini menjadi permainan yang disukai anak-anak karena dikemas dengan bentuk yang menarik. Benda ini cukup mudah ditemukan di toko-toko besar dan bisa didapatkan secara online

Kartu AR Untuk Permainan sudah ada sebelum AR Photocard berkembang di Indonesia. Jadi, bisa dibilang AR photocard merupakan bentuk lain dari AR card game. Perbedaannya bisa dilihat dari gambar yang dihasilkan, AR PC mempelihatkan gambar artis yang bergerak saat discan. Sedangkan AR card game, memperlihatkan benda 3D bergerak di atas kartu.

Tapi semenjak awak kemunculannya, benda ini tidak terlalu banyak digunakan oleh masyarakat meskipun bebas dijual di pasar. Masyarakat sepertinya lebih memilih bermain pokemon go di hp karena permainan ini cocok dimainkan oleh orang tua dan anak-anak. Selain itu, cara bermain pokemon go lebih bervariatif, bisa menangkap dan bergerak untuk mencari target.


Cara Kerja AR Photocard

Segala kecanggihan yang tersedia di benda ini menambah rasa penasaran kita tentang cara kerja AR pada photocard. Augmented reality merupakan perpaduan antara dunia nyata dengan dunia digital, jadi kita menggunakan perangkat smartphone untuk menggabungkan dunia nyata dengan digital.

Ada empat jenis AR yang sudah dikembangkan, photocard termasuk Marker Based AR, karena memerlukan objek visual khusus dan kamera dari aplikasi khusus untuk memindai gambar. Menjalankannya harus ada sebuah kartu yang sudah dirancang oleh si kreator photocard yang menjadi gambar target.

Jadi ketika kartu ini dipindai dengan aplikasi, maka akan ada visual yang bergerak seperti video. Untuk memindai kartu tersebut tidak bisa dengan kamera bawaan hp, tapi harus menggunakan aplikasi khusus pemindai AR. Berikut ini kami sediakan infomasi tentang beberapa aplikasi pemindai AR yang bisa diunduh di playstore.

Sebenarnya kita sendiri bisa menciptakan Marker Based AR. Alat yang digunakan untuk membuat benda AR ini sangat simpel, hanya perlu kamera, lalu gambar target, dan unduh aplikasi pembuat AR yang tersedia di playstore atau di website. Setelah itu tentukan gambar target yang akan dijadikan foto untuk dipindai.


Aplikasi Scan AR Photocard

1. Moing AR Photocard

Aplikasi pemindai foto kartu yang satu ini berasal dari korea selatan. Aplikasi ini sangat terkenal di kalangan fans kpop karena biasanya jika mereka memiliki photocard maka akan dipindai melalui aplikasi ini. Sayangnya ada syarat tentu yang harus dipenuhi agar gambar AR dapat terbaca. Bagi smartphone android minimal harus versi Nougat 7.0 dan versi terbaru. Lalu tidak semua kartu bisa dipindai oleh apk ini, hanya kartu yang mendukung moing yang bisa dipindai. Umumnya kartu hadiah dari album bisa discan disini.

2. SMTOWN AR

SMTOWN AR ini diciptakan khusus untuk memindai PC dari artis SM saja. Untuk Handphone android dan ios, aplikasi ini bisa diunduh di playstore dan browser. Cara mengoperasikannya sama dengan aplikasi pemindai lainnya, sediakan PC terlebih dahulu lalu lakukan pemindaian. Sebelum memindai, silahkan pilih dulu grup yang kamu tuju. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus menggunakan android minimal versi Nougat 7.0

3. Artivive

Aplikasi yang satu ini tidak hanya dapat memindai PC saja tapi gambar lain pun bisa dipindai. Tidak sama seperti dua aplikasi di atas, aplikasi ini mendukung semua versi perangkat android. Jadi, persyaratannya sangat mudah. Jika kita mencari pemindai AR di playstore, biasanya aplikasi ini terletak di bagian paling atas. Ukuran file apknya juga tidak terlalu besar yaitu 39 MB. Ini bisa menjadi opsi jika dua aplikasi di atas tidak mampu meng-scan PC. Selain itu, kamu juga bisa membuat AR versi kamu sendiri dengan cara mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi.

Jika tiga app di atas tidak bisa terpasang di HP kamu, maka coba gunakan HP yang kompatibel dengan app tersebut. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin memberi saran, silahkan ketik di kolom komentar. Terima kasih.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021