Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

4 Tips Menghapus Facebook Secara Permanen dan Sementara

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

Tips Menghapus Facebook - Platform facebook merupakan media sosial yang masih banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Meskipun beberapa tahun belakangan ini banyak jenis media sosial yang muncul, platform ini masih bisa bersaing dengan platform media sosial terbaru. Di indonesia, pengguna aktif facebook umumnya sudah berusia tua. Generasi muda telah berpindah ke platform media sosial terbaru yang seperti Instagram.

Awal tahun 2010-an merupakan kejayaan bagi facebook karena platform ini merupakan media sosial favorit masyarakat pada saat itu, mulai dari orang dewasa sampai anak usia remaja berlomba-lomba membuat akun facebook. Tapi seiring berjalannya waktu, pengguna facebook mulai berkurang. Anak-anak muda yang dulunya menggunakan facebook, sekarang lebih memilih menggunakan platform sosial media terbaru seperti Instagram atau tiktok.

Pengguna akun facebook yang sudah beralih ke platform media sosial lain tidak lagi mengurus akunnya dan tidak pula menghapusna, padahal akun tersebut harus dihapus agar keamanannya lebih terjaga. Berikut ini kami sudah sediakan tutorial cara menghapus facebook secara permanen, sementara, akun yang sudah lupa password. Sebelum benar-benar menghapus akun, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa alasan seseorang menghapus facebook.


Sebab Pengguna Menutup Akun Facebook

Setiap orang memiliki alasan berbeda dalam menutup akun, dibawah ini ada beberapa alasan menutup akun facebook yang mungkin juga menjadi alasan kamu untuk me-nonaktifkan akun.

1. Menjaga Keamanan

Lingkungan media sosial tidak menjamin akun kita akan selalu aman. Oleh karena itu, jika kamu masih aktif di facebook, tolong perhatikan setiap aktivitas yang yang ada di akunmu, perhatikan dengan siapa saja kamu berinteraksi. Tapi jika kamu sudah tidak aktif di facebook, ada baiknya akun tersebut dihapus saja agar lebih terjaga keamanannya.

2. Menjaga Privasi Pemilik Akun

Dulu saat mengisi biodata facebook, kita mengisikan alamat rumah, alamat sekolah, alamat kantor, bahkan nomor HP. Mungkin pada masa itu kita belum mengetahui pentingnya privasi, tapi seiring bertambahnya usia kita sadar bahwa privasi itu sangat penting. Bagi yang masih bisa login ke facebook berarti masih bisa mengedit biodata tersebut, tapi bagi yang tidak bisa login maka sebaiknya lakukan penutupan akun.

3. Jarang Digunakan

Jarang aktif di bisa jadi disebabkan karena seseorang telah memiliki kesibukan baru sehingga tidak sempat membuka akun facebook atau sudah memiliki media sosial baru yang sedang trend. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menghapus akun sementara, artinya akun terhapus dalan jangka waktu yang ditentukan.

4. Lupa Password

Saat kamu sibuk aktif di media sosial terbaru, ada kalanya kamu ingat dengan akun facebook yang telah lama tidak pernah kamu periksa. Saat ingin login, ternyata tidak bisa karena lupa kata sandi. Jika masalahnya seperti ini, silahkan cari tahun password terlebih dahulu, baru setelah itu hapus akun permanen.

5. Menghilangkan Jejak Digital

Jejak digital adalah semua data yang ditinggalkan saat seseorang menggunakan internet. Jejak digital di facebook dapat berupa foto-foto, status dan biodata p. Semua jejak yang kamu tinggalkan saat menggunakan facebook tidak akan hilang jika kamu tidak menghapusnya sendiri, kecuali akun kamu dihapus otomatis oleh pihak facebook.


4 Cara Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

Setelah membaca beberapa alasan menghapus facebook, sekarang masuk ke tahap cara menghapus akun. Terdapat dua jenis menghapus akun facebook. Pertama, secara permanent artinya menghilangkan akun tersebut sampai tidak bisa diakses lagi. Kedua, hapus sementara. Artinya me-nonaktifnya akun dalam jangka waktu tertentu.

Hapus Akun Pribadi

Ini maksudnya adalah menghapus akun secara permanen lewat akun kita sendiri. Syarat utamanya adalah kita harus mengetahui email dan password untuk login. Setelah berhasil login ke facebook, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan garis tiga diatas, lalu masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya cari kolom "informasi facebook anda", dan klik opsi kepemilikan kan kontrol akun.

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

2. Setelah itu klik opsi penonaktifan dan penghapusan. Di halaman ini akan diberikan dua pilihan, pilih opsi kedua yaitu hapus akun dan pencet kolom "lanjutkan".

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

3. Sebelum menghapus akun, facebook menyediakan layanan untuk kita menyimpan dan mengunduh semua postingan yang sudah kita kirim ke facebook. Pilih hapus akun untuk melanjutkannya.

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

Setelah akun facebook terhapus maka otomatis akun messenger juga terhapus. Satu lagi informasi penting, jika kamu menggunakan akun facebook untuk mendaftar ke beberapa layanan atau aplikasi maka pikirkan baik-baik sebelum menghapus akun. Misalnya kamu pernah login ke game online menggunakan akun itu, maka nanti akun game tersebut akan hilang. Oleh karena itu, setel dulu pengaturan game tersebut.


Hapus Akun Facebook Sementara (Nonaktif)

Menghapus sementara berarti sama dengan me-nonaktifkan akun dalam jangan waktu sesuai keinginan kamu. Saat sudah dinonaktifkan maka orang lain tidak bisa mencari nama kamu di kolom search karena akun kamu tidak tersedia lagi. Jika ingin mengaktifkan lagi maka tinggal login kembali dengan memasukkan email dan password.

Langkah awal menonaktifkan akun facebook sama dengan penghapusan. Setelah sampai di menu kepemilikan dan kontrol akun, pilih tabel nonaktifkan akun. Lalu masukkan kata sandi, dan akhirnya akun kami berhasil dinonaktifkan.

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

Selama masa nonaktif ini kamu masih bisa berkomunikasi lewat messenger. Jika kamu daftar ke aplikasi lain seperti game menggunakan akun ini, maka game tersebut tetap bisa dimainkan karena hanya status akun kamu hanya dinonaktifkan bukan dihapus.


Hapus Akun yang Lupa Password

Saat kita ingin menghapus akun tapi lupa passwordnya maka yang harus dilakukan adalah meminta pertolongan kepada teman yang memiliki facebook untuk membantu penghapusan akun. Caranya seperti ini

1. Login ke akun pengguna lain, lalu cari profil kamu di kolom search. Setelah itu klik titik tiga pada profil, pilih laporkan. Tahap selanjutnya pilih opsi paling atas yaitu "berpura-pura menjadi orang lain".

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

2. Lalu pilih opsi "saya". Setelah itu klik selesai.

Hapus Facebook Permanen dan Sementara Terbaru 2021

Ini berarti akun kamu sedang dilaporkan ke pihak facebook agar segera dihapus. Beberapa hari kemudian diberikan informasi tentang akun tersebut, apakah berhasil atau tidak. Ajak teman kamu sebanyak-banyaknya untuk melaporkan akunmu, semakin banyak yang pelapor maka semakin cepat akun kamu dihapus.


Baca Juga : Mengganti Password Instagram 2021 yang sudah lupa dan Cara Mengatasi Lupa Password


Meminta Bantuan ke Orang Lain Untuk Hapus Akun

Meminta bantuak ke orang lain untuk untuk akun facebook adalah cara paling praktis dari pada ketiga cara di atas. Kamu hanya perlu mencari atau menghubungi seorang teman yang memiliki ilmu tentang menghapus akun. Hubungi orang tersebut lalu sampaikan alasan mengapa kamu ingin menutup akun facebook. jika kamu tidak memiliki teman yang mengerti tentang hal ini, silahkan cari akun di sosial media yang bisa membantu kamu. 
 Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021