Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

3 Aplikasi Edit Video di HP 2021 Simpel Untuk Youtuber Pemula

3 Aplikasi Edit Video di HP 2021 Simple Untuk Youtuber Pemula

3 Aplikasi Edit Video di HP - kehadiran teknologi berdampak pada munculnya ponsel pintar yang sering kita sebut sebagai smartphone. Smartphone tidak hanya bisa digunakan untuk internet-an, mengedit video juga bisa kita lakukan pada gadget ini. Berbagai aplikasi edit video sudah tersedia di app store dan playstore, kita hanya perlu memilih aplikasi yang tepat untuk mengedit video kita agar tampak lebih baik dari sebelumnya.

Bagi youtuber pemula, edit video merupakan suatu keharusan yang dilakukan sebelum menambahkan video ke youtube. Melakukan proses editing tidak harus menggunakan laptop atau komputer, cukup dengan smartphone saja kita sudah bisa mengedit sebuah video yang mana hasil video tersebut tidak kalah bagusnya dari video yang di edit lewat laptop atau komputer. Semakin bagus hasil editan, maka video kita berpeluang besar untuk mendapatkan viewers dan penonton lebih banyak.

Youtube sebagai platform penyedia video streaming, telah memberikan kemudahan bagi para youtuber untuk mengakses dan mengirim video ke channel youtube mereka walaupun menggunakan telepon genggam. Karena sudah diberi kemudahan, maka hendaknya kita maksimalkannya dengan membuat video yang unik, beresolusi bagus, dan video tersebut bermanfaat bagi penonton. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan proses editing sebelum meng-upload video. Berikut ini sudah ada 3 aplikasi edit video yang disarankan untuk pemula.


3 Aplikasi Edit Video di HP yang Harus Dicoba Oleh Youtuber Pemula

Tak dapat dipungkiri, video yang memiliki banyak penonton di youtube pasti melalui proses editing yang dilakukan oleh pemilik channel. Proses edit ini dapat dilakukan dengan smartphone jika tidak bisa menggunakan laptop. Keunggulan mengedit dengan smartphone adalah mudah digunakan dan bisa dilakukan dimana saja, dengan fitur-fitur yang unik dan simpel mempermudah kita untuk melakukan edit video.

Untuk kamu yang baru mencoba menjadi youtuber, kami sarankan untuk menggunakan 3 aplikasi ini agar video yang kamu hasilkan menjadi lebih bagus, berikut kumpulan aplikasinya:

1. inShot

inshot editor terbaik

Aplikasi inshot berada di posisi pertama dari 3 aplikasi lainnya. Saat masuk ke aplikasi inshot kita akan dihadapkan pada tiga pilihan, yaitu edit video, edit foto, dan kolase. Saat melakukan edit video posisi HP seperti portait, bukan landscape. Sebelum mulai mengedit, kita diminta terlebih dahulu untuk memilih video yang akan kita edit. Setelah itu, akan ditampilkan menu-menu dan fitur pengeditan. Terdapat fitur menambahkan laku, memangkas, menambah volume, menambahkan gambar pada video, serta berbagai fitur lainnya.

Beberapa fitur atas memang umumnya dimiliki oleh setiap aplikasi edit, tapi yang menjadi keunggulan dari ineshot yaitu ramah bagi youtuber pemula dan ramah bagi kalian yang baru belajar mengedit foto atau video. Menu fiturnya tersusun rapi sehingga memudahkan kita untuk beralih ke fitur lain. Kualitas video pun bisa dinilai baik, karena resolusi yang kita inginkan ada di aplikasi ini, mulai dari resolusi yang rendah sampai yang tinggi. Semakin tinggi resolusi di sebuah video maka semakin banyak pula ruang penyimpanan yang terpakai.

Apakah inshot memiliki watermark? Tentu saja iya, tapi kita bisa menghilangkan watermark itu dengan cara menonton iklan. Setelah menonton iklan, otomatis watermark akan terhapus. Watermark inshot terletak di bagian kanan bawah video, jika ingin menghilangkannya, klik watermark tersebut dan pilih tulisan "tonton iklan untuk menghilangkan watermark".


2. Kinemaster

kinemaster edit

Di urutan ke-2 ada Kinemaster. Aplikasi dengan warna background oren ini sering dibahas oleh para youtuber karena sangat efektif dalam proses editing. Fitur yang paling terkenal pada kinemaster adalah fitur effect, ada berbagai jenis effect yang bisa kita pasang dalam video, sehingga membuat video nampak estetik dan enak ditonton. Untuk ukuran filenya pun tidak begitu berat, hanya 64 MB.

Kinemaster ini sangat cocok digunakan untuk membuat video opening youtube, karena kita bisa menuangkan segala ide kreatif kita ke dalam video dengan bantuan efek dan fitur yang tersedia di aplikasi. Video opening ini adalah video yang tampil di awal sebagai pembuka, biasanya berisi nama channel.

Video yang dihasilkan setelah mengedit dengan aplikasi ini sangat jernih. Tapi untuk memilih resolusi video disesuaikan dengan jumlah ruang penyimpanan di hp. Jika penyimpanan di hp sudah penuh maka otomatis kita tidak bisa menyimpan video beresolusi tinggi. Biasanya resolusi 1080 tidak bisa kita pilih jika penyimpanan hp mulai penuh. Tapi jangan khawatir masih ada resolusi 740 yang tidak kalah jernih. Kamu juga bisa mengosongkan ruang terlebih dahulu sebelum menyimpan video. Untuk watermark belum bisa dihilangkan walaupun kita sudah menonton iklan.


3. Filmorago

3 Aplikasi Edit Video di HP 2021 Simple Untuk Youtuber Pemula

Rekomendasi yang terakhir adalah filmorago. Menurut saya filmorago adalah aplikasi editor yang paling simpel, tidak butuh waktu lama untuk memahami cara menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang baru belajar mengedit, karema semua fitur yang ada di filmorago mudah digunakan. Ukuran filenya sedikit lebih besar dibanding kinemaster, yaitu sebesar 94 MB.

Aplikasi ini efektif jika kalian melakukan edit video yang sederhana saja, jika tidak, kamu bisa menggunakan dua alternatif aplikasi di atas. Tapi tidak masalah, coba dulu untuk mengedit sesederhana mungkin atau coba menggunakan filmorago di PC. Sama seperti dua editor di atas, selain bisa digunakan di android, filmorago juga bisa digunakan di laptop atau komputer. Untuk saat ini, water mark di filmorago belum bisa dihilangkan. Tapi itu tidak akan menjadi penghalang kita untuk membuat video yang bagus. Jika kalian tetap belum puas dengan hasil editan di HP, silahkan coba aplikasi edit video terbaik di PC.

Jadi, ketiga aplikasi di atas memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing, tinggal kamu pilih saja yang sesuai dengan minat dan kemampuan smartphone mu. Sekian informasi tentang tiga aplikasi edit video di HP yang harus dicoba oleh youtuber pemula. Jika kamu memiliki rekomendasi lainnya, silahkan ketik di kolom komentar agar pembaca lainnya dapat mengetahui editor tersebut.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021