Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Membuat Blogger di HP dan Tips Mengelola Blog Hingga Bisa Menayangkan Iklan

Membuat Blogger di HP

Membuat Blogger di HP - Menulis di blog merupakan aktivitas yang menyenangkan, banyak orang yang menyalurkan hobi menulisnya di blog mereka. Di dalam blog kita dapat mengisi tulisan artikel, gambar, dan jurnal. Jadi, jika kamu memiliki sebuah karya tulis bisa diposting di blog agar tulisan tersebut dapat dibaca oleh orang lain.

Sebelum mengirim artikel, tentunya kita harus memiliki blog terlebih dahulu. Blog ini lah yang nantinya akan menjadi tempat kita mengetik, mengirim, dan mengedit artikel. Untuk membuatnya, kita perlu memilih platform layanan pembuatan blog yang sesuai dengan kebutuhan kita. Saat ini layanan pembuatan blog yang terkenal ada 2 yaitu blogger dan wordpress.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba membuat blog dengan layanan pembuat blog yang disediakan oleh google yaitu blogger. Kenapa menggunakan blogger? Alasannya adalah blogger mudah digunakan, jika kita mengalami kebingungan, kita bisa bertanya langsung pada pihak google lewat kolom pertanyaan yang disediakan oleh google.

Di tahun ini blogger masih menjadi platform layanan pembuat blog yang digemari banyak orang. Selain cara mendaftarnya yang mudah, tampilan blogger pun dapat dibilang sederhana. Semua tools-nya tersusun dengan rapi. Ikuti langkah dibawah ini untuk membuat blog.


Membuat Blogger di HP

Untuk membuat akun dan mendaftar ke blogger tidak harus menggunakan laptop atau komputer, cukup menggunakan HP saja kita sudah bisa langsung mendaftar. Syarat pendaftarannya tidak banyak, hanya perlu sediakan email yang masih aktif. Berikut ini ada beberapa tahapan dalam pembuatan blog, ikuti secara sistematis dan perhatikan gambar di bawah.

1. Buka browser yang sering kamu gunakan, disarankan menggunakan google chrome. Pada kolom pencarian ketik "blogger" lalu klik blogger.com. Setelah sampai di halaman awal, klik kolom berwarna biru dengan tulisan "buat blog" untuk buat blog baru.

Membuat Blogger di HP

2. Selanjutnya kita akan diarahkan untuk memilih email yang ingin digunakan untuk masuk ke akun blogger. Pilih email yang masih aktif dan sering kita gunakan. Setelah itu, pilih nama blog. Nama blog merupakan judul yang akan ditampilkan di bagian atas blog. Buatlah nama yang unik, nama blog merupakan identitas yang membedakan antara satu website dengan website lain.

Membuat Blogger di HP

3. Buat URL blog, URL ini berfungsi sebagai alamat blog. Blogger memberikan domain blogspot.com secara bebas kepada pengguna. Alamat blog yang sudah digunakan oleh akun lain tidak bisa kita gunakan lagi. Oleh karena itu, carilah nama blog yang unik. Usahakan alamat blog sama dengan judul blog. Tahap berikutnya yaitu konfirmasi nama blog yang akan ditampilkan kepada pembaca.

Membuat Blogger di HP

4. Setelah melewati tiga langkah diatas, akhirnya kita sampai di halaman blogger dan pendaftaran telah selesai. Di halaman ini kita bisa mengetik artikel, klik tanda "tambah" dibawah untuk mengetik dan mengirim artikel. Semua artikel yang sudah kamu tulis akan tampil halaman ini.

Membuat Blogger di HP

Tiga garis yang berada di sudut atas merupakan kumpulan menu yang memudahkan kita untuk mengatur tampilan blog. Setiap menu memiliki fungsinya masing-masing, contohnya menu "tema" untuk mengatur template dan memasang kode HTML.

Setelah selesai membuat blog, langkah selanjutnya adalah memahami cara mengelola blog dengan benar agar blog kita semakin berkembang dan memiliki trafik yang bagus. Jika kita membuat blog yang ditujukan untuk dimonetisasi, maka perkembangan blog harus kita kelola dari awal.


Tips Mengelola Blog 

Mengatur sebuah blog bukanlah hal sulit. Kunci utama dalam mengelola blog adalah konsisten. Sebanyak apapun aktivitas kita jangan lupa memperhatikan perkembangan blog, perbaiki kesalahan jika terjadi masalah pada blog. Jika kita selalu berusaha memberikan perhatian pada blog, maka pembaca juga akan senang berkunjung ke website. Dibawah ini 3 cara utama mengelola sebuah website atau blog.

Konsisten Memposting Artikel

Blog yang aktif dapat dilihat dari jumlah artikel yang ada di blog tersebut. Semakin banyak artikel dalam blog maka tidak menutup kemungkinan google akan memberikan perhatian pada blog kita. Artikel yang sering muncul di halaman pertama umumnya berasal dari blog yang sudah terkenal dan memiliki trafik.

Konsisten dalam menulis artikel merupakan kunci utama dalam mengembangkan blog, kita bisa mengatur waktu untuk memposting sebuah artikel. Usahakan dalam satu hari kita memposting satu artikel, akan lebih baik jika memposting lebih dari satu artikel. Kalau tidak bisa mengirim artikel setiap hari, coba posting artikel 3x seminggu.

Menghubungkan Blog ke Google Search Console (Webmaster Tool)

Search console atau yang lebih dikenal dengan webmaster tool merupakan layanan gratis disediakan google kepada pemilik website agar mudah memantau aktivitas dalam website mereka. Menghubungkan blog ke search console merupakan syarat wajib bagi setiap pemilik blog. Kehadiran tool ini, memudahkan kita untuk mengetahui jumlah pengunjung, jumlah penayangan, dan mengetahui posisi kita di mesin pencarian google.

Blog yang sudah terdaftar di search console lebih mudah terindeks oleh google, sehingga kita tidak perlu menunggu lama agar website kita muncul di halaman google. Jadi, saat sudah memiliki blog langsung saja daftarkan ke google search console.

Mengaitkan Blog ke Google Analytics

Google analytics memberikan informasi lebih rinci terhadap aktivitas yang terjadi di dalam blog, mulai dari melihat jumlah pengunjung secara real time, mengidentifikasi perilaku pengunjung, bahkan dapat mengetahui jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung dalam membaca artikel. Jadi, gunakan semua fasilitas yang google berikan untuk kemajuan website kita.


Mendaftarkan Blog ke Adsense dan Menayangkan Iklan

Seperti yang kita ketahui, adsense adalah program periklanan online yang dilimiki oleh google, iklan ini nantinya bisa ditampilkan di blog dan youtube. Mendaftarkan blog ke adsense artinya sama dengan kita menawarkan kerja sama ke google adsense. Bentuk kerjasamanya yaitu adsense memberikan kode iklan kepada kita, lalu kita akan menampilkan iklan tersebut di halaman web.

Google adsense sudah memberikan syarat untuk bekerjasama dengan mereka, syarat tersebut hendaknya kita penuhi. Tapi adsense tidak memberikan gambaran spesifik tentang syarat tersebut, yang pasti adalah pendaftar sudah memiliki umur yang cukup, blog sudah siap dalam menampilkan iklan, dan blog patuh terhadap aturan google. Untuk info lengkapnya silahkan baca di web adsense.

Jadi, waktu yang tepat untuk mendaftarkan blog ke adsense adalah ketika blog kamu sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh adsense. Pastikan umur blog kamu sudah lebih dari satu bulan dan memiliki trafik walau sedikit. Jika kamu baru membuat blog, sebaiknya fokus dulu untuk menciptakan artikel yang berkualitas sehingga pengunjung akan datang dengan sendirinya. Jika ada pertanyaan silahkan ketik di kolom komentar, terima kasih

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop