Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Teknologi Informasi Komunikasi : Pengertian dan Contoh Alatnya

Teknologi Informasi serta Komunikasi

Kata teknologi informasi dan komunikasi sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, itu disebabkan karena hampir semua hal yang kita lakukan selalu berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan dalam pendidikan juga kita temui pelajaran dan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai makhluk sosial, kita butuh berkomunikasi dengan manusia lain. Awalnya manusia hanya berkomunikasi secara langsung saat berada di lokasi yang sama, tapi seiring perkembangan zaman manusia dapat berkomunikasi dengan siapapun walau berada di tempat berbeda. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi yang berdampak pada terciptanya alat teknologi komunikasi modern.

Dengan adanya alat komunikasi, kita lebih mudah menyampaikan informasi kepada orang lain. Informasi ini dibutuhkan oleh manusia agar mereka bisa tetap hidup dan berkembang. Oleh karena itu dengan hadirnya teknologi informasi, maka semua info terbaru bisa disajikan dengan cara yang menarik. Contohnya penyebaran informasi tentang pentingnya teknologi di era revolusi industri 4.0 oleh kementrian yang dijelaskan melalui rekaman video dan dapat tonton pada sebuah platform streaming video terkenal.


Apa Itu Teknologi Informasi?

Teknologi informasi adalah teknologi yang dapat membantu manusia dalam menyediakan dan membagikan informasi pada manusia lain. Zaman sekarang kita mudah mendapat informasi karena adanya teknologi modern, bahkan informasi yang kita dapatkan juga tersedia dalam bentuk yang lebih menarik, seperti informasi di website, di media sosial dan informasi lewat video online.

Dulu sebelum adanya teknologi, manusia menyampaikan informasi dengan cara berbicara saja sehingga pesan yang disampaikan tidak lengkap dan dapat berubah tergantung orang yang menyampaikan. Tapi semenjak kehadiran mesin cetak yang diciptakan oleh Johannes Gutenberg pada abad ke-15, penyampaian informasi menjadi lebih cepat serta memicu terciptanya penemuan baru, khususnya penemuan teknologi yang menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Ditemukannya radio, telepon, televisi dan komputer mempermudah pencarian informasi. Jadi pada alat tersebut, penyampaian informasi terjadi dalam satu arah sehingga tidak ada timbal balik

Kehadiran internet juga berdampak besar terhada kemajuan teknologi informasi. Dengan adanya internet, informasi yang kita dapatkan tidak terbatas jumlahnya. Kita dapat menerima informasi dari dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, kehadiran internet ini bisa kita manfaatkan untuk pembelajaran secara online. karena di situasi seperti ini kita diharuskan belajar dirumah sendiri.


Apa Itu Teknologi Komunikasi?

Jika membahas tentang komunikasi, yang terbayang oleh kita adalah pembicaraan yang dilakukan oleh satu orang ke orang lain. Hal ini tidak salah karena berbicara juga merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Tapi seiring berkembangnya zaman, terdapat teknologi yang memudahkan kita berkomunikasi. Selain itu proses komunikasi juga lebih bervariatif, bisa melalui pesan teks, pesan suara, bahkan panggilan video.

Teknologi komunikasi adalah teknologi berupa alat yang berfungsi untuk mempermudah komunikasi antar manusia. Jadi, ada hubungan timbal balik saat kita berkomunikasi dengan manusia lain. Teknologi komunikasi berkembang sejak hadirnya telepon yang digunakan untuk berkomunikasi antar dua orang dengan menggunakan suara. Lalu hadir lagi sebuah alat yang disebut dengan Pager, alat ini berfungsi untuk mengirim pesan teks. Ukuran alat ini cukup kecil tapi memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan.

Dan pada tahun 2012 kita mengenal smartphone sebagai alat komunikasi yang lebih canggih dari telepon biasa. Fitur yang tersedia dalam smartphone juga lebih lengkap sehingga pada awal kemunculannya smartphone disambut baik oleh masyarakat. Media komunikasi juga tersedia di smartphone, contohnya ada media sosial instagram, facebook, twitter dan media lainnya yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dan mendapat informasi.


Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Teknologi Informasi Komunikasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyebaran dan penyajian informasi yang dikerjakan manusia dengan bantuan teknologi. Konsep tentang TIK ini sudah ada sejak dulu dan masih kita temui sampai sekarang, bahkan TIK menjadi mata pelajaran di sekolah.

untuk menampilkan sebuah informasi, TIK menjalankan fungsi pertama yaitu pengambilan, mengambil data dari berbagai sumber yang telah diketahui. kedua, masuk ke tahap pengumpulan, pada tahap ini  semua data yang sudah diambil akan dikumpulkan akan dikumpulkan dengan cara-cara tertentu. ketiga, data tersebut akan diolah pada proses pengolahan. keempat, setelah selesai diolah, data tersebut akan disimpan di dalam memori atau ditempat penyimpanan. Setelah melalui beberapa tahapan, data tersebut akan disebarkan melalui sarana teknologi informasi dan komunikasi yaitu seperti smartphone atau laptop, dan tentunya menggunakan jaringan internet.


Contoh Peralatan Teknologi Informasi Komunikasi Masa Kini

Televisi

Televisi adalah media massa yang berfungsi untuk memberikan informasi dan hiburan kepada penonton. Televisi yang biasa disebut dengan TV dapat menampilkan gambar bergerak serta suara. TV termasuk teknologi informasi karena komunikasi yang terjadi hanya satu arah, penonton tidak dapat memberikan umpan balik secara langsung.

Radio

Meskipun sudah ada peralatan teknologi informasi terbaru, radio masih bisa mempertahankan eksistensinya sampai saat ini. Radio merupakan teknologi informasi media massa yang berguna untuk memberikan informasi kepada pendengar. Radio hanya mampu mengeluarkan suara, ukurannya pun tidak sebesar TV. Untuk saat ini radio masih tersedia di smartphone, jadi kita masih bisa menggunakannya.

Internet

Internet adalah jaringan komunikasi yang luas, semua orang bisa bergabung di dalamnya. Internet menyajikan dunia tanpa batas yang memungkinkan kita untuk mendapat informasi serta berkomunikasi secara online. Di internet banyak tersedia informasi berupa tulisan, gambar, serta video. Media sosial merupakan media komunikasi yang banyak diminati oleh manusia saat ini, kehadiran media sosial ini dapat memperlancar komunikasi kita dengan orang-orang yang kita kenal.

Laptop/komputer

Komputer adalah alat elektronik yang mampu mengambil, mengolah, dan menyimpan data. Awal kehadiran komputer ini memang membawa dampak besar terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sampai saat ini komputer masih bisa digunakan untuk bekerja dan belajar. Laptop adalah versi kecil dari komputer, laptop ini sangat mudah dibawa bepergian. Ukurannya juga beragam, sesuai dengan kebutuhan kita.

Smartphone

Smartphone adalah telepon genggam yang sangat canggih bahkan hampir sama canggihnya dengan komputer. Hampir semua hal yang dilakukan di komputer dapat dilakukan di smartphone, contohnya menonton video, mengetik pesan, bermain game, dan mengunduh file. Pada zaman sekarang, smartphone sangat dibutuhkan karena setiap kegiatan yang kita lakukan pasti berkaitan dengan perangkat ini. Contohnya dalam hal komunikasi, hampir semua orang melakukan komunikasi lewat layanan pesan online karena lebih efektif dan efisien

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop