Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Mengaktifkan Ikon DM Twitter Agar Bisa Menerima Pesan

aktifkan Ikon DM Twitter Agar Bisa Menerima Pesan

Ikon DM Twitter - Media sosial twitter dapat dijadikan alternatif aplikasi chat jika ada masalah di aplikasi chat lainnya. Twitter menyediakan fitur berkirim pesan pribadi yang kita kenal dengan sebutan DM (Direct Messeger). Fitur DM ini sudah ada sejak pertama kali twitter dirilis, dan sampai saat ini masih bisa kita gunakan untuk berkirim pesan dengan mutual kita di Twitter.

Meskipun fitur yang ada di DM tersebut belum lengkap seperti pada platform khusus chat, tapi DM ini tetap dibutuhkan dan digunakan oleh pengguna twitter. Pengguna merasa sangat terbantu untuk mengirim pesan kepada mutual yang baru dikenal, dan berkomunikasi dengan mutual yang jauh dari daerah tempat tinggal.

Tapi bagaimana jika akun lain tidak bisa mengirim pesan lewat DM kepada kita? Ini adalah hal biasa yang mudah diatasi. Masalah ini biasanya terjadi pada akun baru yang belum pernah melakukan pengaturan akun, tidak menutup kemungkinan juga masalah ini terjadi pada pemilik akun yang sudah lama aktif di twitter tapi lupa untuk membuka DM. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa tahapan di bawah ini agar kamu bisa berkirim pesan.


Cara Memunculkan Ikon DM di Profil

Ikon DM berbentuk amplop terletak di sebelah foto profil kita. Jika ikon tersebut tidak terlihat, itu artinya pemilik akun tersebut membuka DM untuk umum. Jadi, hanya orang tertentu saja yang bisa mengirim pesan. Untuk mengatasinya, simak langkah-langkah dibawah

1. Buka aplikasi twitter di smartphone, setelah itu beralih dari timeline ke menu pesan yang berada di sudut kiri bawah.

Memunculkan Ikon DM Twitter

2. Pada tampilan pesan, pilih ikon garis tiga. Pada ikon garis tiga tersebut terdapat kumpulan menu yang akan membantu kita untuk memunculkan DM

3. Pada tampilan pengaturan DM ini kamu bisa melihat bahwa kamu tidak mengaktifkan DM (open DM), itulah sebabnya orang lain tidak bisa mengirim ke akunmu. Selanjutnya, langsung aktifkan sampai tombol tersebut berubah warna menjadi biru

4. Sudah bisa menerima pesan.

Caranya sangat mudah bukan? untuk melihat ikon dm muncul, maka silahkan beralih ke profil kamu. Jika ingin menonaktifkan DM, kamu tinggal klik pengaturan DM yang berbentuk garis tiga, lalu nonaktifkan "menerima permintaan pesan".


Keuntungan Membuka DM untuk Umum

Jika kamu membuka DM untuk umum, maka siapapun bisa mengirim pesan ke akun kamu. Bahkan akun yang belum kamu follow back juga bisa mengirim pesan. Berikut keuntungan yang akan di dapat

1. Mempermudah Komunikasi

Dengan melakukan open DM maka orang lain bisa langsung mengirim pesan kepada kamu tanpa memberi tau terlebih dahulu. Ini sangat mempermudah kamu mendapat pesan penting jika ada seseorang yang ingin mengirim pesan penting kepadamu, dan orang lain juga akan merasa senang jika kamu melakukan open DM sebab mereka bisa mengirim pesan kapanpun. Arus informasi di era digital ini sangat cepat berlalu, siapa tau seseorang ingin memberi informasi penting kepadamu yang mana informasi tersebut mungkin sudah terlewatkan oleh kamu

2. Mendapat Banyak Teman

Karena kita berada di platform online, otomatis kita bisa mendapat teman-teman online yang jarak daerahnya jauh dengan tempat tinggal kita. Dengan mengaktifkan DM menandakan bahwa kamu tidak menutup komunikasi dengan orang yang baru dikenal, sehingga orang lain juga tidak segan untuk menjalin hubungan pertemanan. Hidup di era digital ini tentu menuntut kita untuk mencari banyak relasi.

3. Menandakan Akun Masih aktif

Saat akunmu masih bisa dikirimi pesan maka pengguna lain menganggap akunmu masih aktif dan masih bisa diajak berinteraksi. Hal ini juga penting karena teman online yang ingin mengirim pesan tidak akan ragu untuk menghubungi.


Keuntungan Menutup DM

1. Akun Lebih Privasi

Tidak semua orang ingin menerima pesan dari orang tak dikenal, mungkin karena alasan tertentu akun tersebut menjadi lebih privasi dan tidak mudah dihubungi. Ini biasanya diterapkan oleh seseorang yang jarang aktif di twitter sehingga lebih memilih untuk menonaktifkan dm.

2. Hanya Menerima Pesan Penting

Semua pesan yang ingin disampaikan kepadamu harus mendapat izin terlebih dahulu dari kamu, sehingga pesan-pesan yang masuk ke akun kamu itu adalah pesan yang sudah terpilih. Hal ini juga berkaitan dengan point pertama yaitu tentang penjagaan privasi.

3. Terhindar dari Spam

Tak jarang kita temui akun-akun yang mengirim spam sehingga twitter kita menjadi error dan kita sebagai pemilih akun juga merasa tidak nyaman dengan pesan tersebut. Jadi untuk mengatasinya, silahkan close DM agar hidupmu tenang tanpa pesan spam.

4. Menandakan pemilik akun sedang tidak aktif

Menonaktifkan DM juga bisa menjadi penanda bahwa kamu sedang tidak aktif di dunia twitter tanpa kamu harus memberitau langsung ke pada semua orang, sehingga orang lain tidak bisa menghubungimu. Kebanyakan pengguna twitter juga melakukan hal yang sama jika mereka sedang tidak aktif di satu akun.

Jadi kesimpulannya, open DM atau close DM itu adalah pilihan kamu. Akun kita adalah milik kita dan kitalah yang berhak mengaturnya, jika kamu sedang tidak ingin dihubungi oleh orang lain maka silahkan tutup DM, tapi jika tetap masih ingin menerima pesan, maka buka DM. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, ketik pertanyaan di kolom komentar.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021