Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Memilih Warna yang Tepat Untuk Blog dan Website

Cara Memilih Warna yang Tepat Untuk Blog dan Website

Memilih warna blog dan website - Warna dari blog atau website merupakan hal yang sangat penting untuk penarik minat pembaca, karena salah satu poin penting agar pengunjung merasa nyaman untuk membaca di blog kita adalah pemilihan warna blog. Warna pada blog biasanya bisa mewakili isi dari blog tersebut, contohnya blog yang membahas tentang horor maka agar sesuai dengan topik (niche) blog maka dipilihlah warna yang gelap, begitupun sebaliknya.

Selama ini mungkin banyak pemilik blog yang tidak peduli dengan warna blognya, mereka lebih sibuk untuk mengoptimalkan bagian lain sehingga lupa mengurus tampilan blognya, pada akhirnya menyebabkan pengunjung lupa bahkan tidak pernah berkunjung lagi ke blog tersebut. Oleh karena itu, disini kita akan mencoba membahas tentang warna blog, pembahasan ini penting untuk setiap pemilik blog baik pemula atau yang sudah lama berkecimpung.

Kenapa Warna Website itu Penting?

Sebagian dari kita mungkin mempertanyakan tentang apa pentingnya warna bagi website, untuk menghilangkan rasa penasaran mu berikut ini ada beberapa alasan yang mendukung pentingnya sebuah warna untuk blog atau website

1. Penunjang Tampilan Blog/Website

Saat pertama kali pengunjung masuk ke dalam website, yang dilihat pertama kali tentu adalah tampilannya. Dari situ pengunjung bisa memberikan penilaian apakah blog tersebut enak dilihat atau tidak, pengunjung juga bisa menilai apakah warna yang digunakan sesuai dengan topik yang dibahas oleh blog. Penggunaan tema (template) memang sangat berpengaruh, tapi jika template tidak didukung dengan warna yang bagus maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

2. Ciri Khas Sebuah Blog

Ciri-ciri blog yang unik adalah memiliki identitasnya tersendiri dan dapat dengan mudah dibedakan dengan blog lain. Semakin terlihat ciri khas dari blog, maka orang lain akan cepat mengenalinya. Identitas blog dapat terbentuk dari gaya penulisan, tema, nama yang unik, dan topik utama pembahasan. Warna juga berperan penting dalam memberi ciri khas pada blog, warna yang unik juga berpeluang untuk mendatangkan pengunjung.

3. Mempengaruhi Pembaca

Mempengaruhi pembaca maksudnya disini adalah mempengaruhi pemikiran dari pembaca terhadap bacaan atau barang yang mereka lihat di sebuah website. Hal penting ini harus diperhatikan oleh website yang bertujuan untuk marketing, karena pembaca cenderung menilai sesuatu dari apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, penyajian barang atau bacaan di website harus ditampilkan dengan baik sesuai dengan barang yang akan dilihatkan pada pengunjung.

4. Menggambarkan Topik yang Dibahas

Warna yang dipilih dapat menggambarkan niche dari blog, contohnya blog dengan niche wisata pasti memilih warna yang cerah untuk memberikan suasana yang bahagia bagi para pengunjung. Ini lah pentingnya menyatukan warna dengan topik yang dipilih.

Cara Memilih Warna yang Tepat Untuk Blog dan Website

Setelah membaca tentang alasan memilih warna warna website, sekarang kita akan mencoba membahas lebih lanjut. Ada dua poin penting yang harus diperhatikan jika ingin memilih warna, kedua poin penting ini harus diterapkan agar tampilan blog terlihat bagus dan profesional.

1. Gunakan Warna Primer

Warna primer ini adalah warna yang paling akrab dengan manusia serta sering dijumpai. Alasan memilih warna primer yaitu selain simpel, warna ini disukai banyak orang sehingga jika diterapkan dalam blog akan membawa kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa warna di bawah ini bagus untuk diterapkan dalam blog :

a. Hijau. Warna hijau melambangkan kesejukan, kesehatan, kenyamanan, dan alam. Warna yang paling mudah diproses oleh mata sehingga memiliki efek relaksasi. Oleh karena itu, pantas saja warna ini menjadi warna yang paling disukai di urutan 2 oleh pria dan wanita. Jadi, jika blogmu membahas tentang kesehatan atau alam, sebaiknya gunakan warna hijau.

b. Kuning. Warna kuning melambangkan jiwa muda, optimisme, dan keceriaan.
Sering digunakan untuk menarik perhatian penonton. Kuning bisa membuat mata tegang, jadi sebaiknya kamu  menggunakannya dengan hemat. Demi kenyamanan pembaca, sebaiknya gunakan warna kuning yang lembut.

c. Merah. Warna merah melambangkan keberanian, tantangan, menarik perhatian dan energi. Sering digunakan untuk menciptakan rasa urgensi bagi orang untuk memilih. Efektif dalam memicu reaksi emosional yang kuat. Restoran menggunakannya untuk menarik perhatian pembeli. Warna merah ini cukup cocok untuk diterapkan pada setiap tema blog, tapi jika dipadukan dengan warna lain tentu akan sangat bagus.

d. Pink. Pink melambangkan kepercayaan, feminim, stabilitas, kedamaian, dan ketenangan. Kebanyakan wanita suka dengan warna pink, juga banyak wanita yang mengatakan bahwa warna ini adalah warna yang paling indah. Pengelola website bisa menggunakan warna ini untuk topik kewanitaan atau anak-anak, karena melambangkan kehangatan dan ketenangan.

e. Biru

Melambangkan keamanan, stabilitas, kedamaian, dan ketenangan.
Warna ini sering digunakan oleh bisnis dan bank untuk menciptakan rasa aman pada kepercayaan pada merek. Biru adalah warna pilihan nomor 1 oleh pria & wanita. Warna ini juga cocok untuk semua tema pembahasan blog, padukan dengan warna lain agar pembaca bisa dengan mudah membedakan.

f. Ungu

Melambangkan kekayaan, kesuksesan, dan kebijaksanaan. Sering digunakan dalam barang kecantikan atau Skincare. Ungu memiliki efek menyenangkan dan menenangkan pada orang. Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan warna ungu di blog atau website.

g. Abu-abu. Abu-abu Melambangkan netral, kesederhanaan, ketenangan, futuristik, dan logika. Jika kamu memilih warna abu-abu sebagai warna utama, maka boleh dipertimbangkan untuk menambah warna lain seperti merah, biru, atau kuning sebagai warna pelengkap. Karena jika hanya menggunakan warna abu-abu saja maka akan terlihat polos.

2. Gunakan Warna Tambahan

Warna tambahan berguna untuk sebagai pembeda antara warna satu dengan warna lainnya, jika kamu menggunakan satu warna saja maka itu akan terlihat polos. Setiap warna memiliki pasangannya sendiri yang membuat perpaduan menjadi lebih bagus. Misalnya kamu memilih biru sebagai warna utama, maka untuk warna tambahan kamu memilih satu warna yaitu putih. Perpaduan antara warna putih dan biru akan terlihat lebih baik dari pada kamu hanya menggunakan utama. Cobalah untuk hanya menggunakan satu atau dua warna di atas warna utama Anda, jika tidak maka akan terlihat berantakan.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa diterapkan pada website. Jangan lelah untuk datang ke intelektekno.com, silahkan ketik pertanyaan pada kolom komentar, terima kasih.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop