Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

 ubah tanggal pada foto dan video

Tanggal Foto dan Video di HP - Fitur kamera yang ada di HP android bisa kita manfaatkan untuk memotret dan merekam video tentang semua aktivitas yang ingin kita abadikan. Fitur kamera ini sudah disediakan secara otomatis jadi kita tidak kesulitan dalam menggunakannya. Meskipun sudah banyak kita jumpai aplikasi kamera, tapi kamera dari android masih tetap menjadi favorit sebagian orang.

Setelah mengambil gambar dengan HP maka akan ada informasi tanggal dan waktu pengambilan foto atau video, ini bisa kita lihat di menu "rincian" pada galeri. Tanggal dan waktu tersebut terdata secara otomatis saat kita memotret sesuatu, apakah bisa tanggal tersebut diubah? Tentu saja bisa. Tidak perlu menggunakan perangkat laptop, cukup gunakan smartphone saja.

Mengubah informasi tanggal pada foto dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dilakukan saat sebelum mengambil gambar. Kedua, mengubah setelah foto tersebut berhasil diambil. Disini sudah tersedia langkah-langkahnya secara sistematis, silahkan diikuti dengan baik.

Mengubah Tanggal Foto Sebelum Mengambil Foto di Android

Mengubah tanggal pada foto dapat dilakukan sebelum kita mulai memotret sesuatu. Cara ini sangat direkomendasikan karena sangat simpel dan tidak butuh waktu lama, dibawah ini sudah ada langkah-langkahnya :

1. Buka pengaturan di smartphone kamu. Setelah itu, cari menu pengaturan tanggal, biasanya menu ini terdapat dalam "setelah tambahan" di pengaturan

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

2. Setelah itu akan disajikan menu-menu seperti, tanggal dan waktu, bahasa, dan lokasi. Pilih opsi pertama, yaitu tanggal dan waktu. Jika setelan tanggal di HP terhubung dengan jaringan internet, maka waktu akan disesuaikan dengan jam yang ada di internet. Non-aktifkan saja opsi ini.

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

3. Selanjutnya, setel tanggal dan waktu sesuai dengan waktu yang sudah kamu targetkan, misalnya kamu ingin mengubah tanggal foto menjadi tanggal di hari kemarin, maka ubah jam dan tanggal pada kolom yang sudah disediakan.

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

4. Jika sudah melakukan beberapa tahapan di atas, tanggal dan jam di HP kamu akan otomatis berubah. Silahkan memotret dengan kamera android, maka informasi pada foto akan mengikuti format waktu yang ada di Handphone.

Setelah selesai memotret atau merekam video, jangan lupa mengatur kembali format tanggal hp agar sesuai dengan jaringan internet.


Mengubah Tanggal Foto Setelah Mengambil Foto di Android

Jika kamu tidak sempat melakukan cara di atas, maka ini adalah alternatif yang bisa kamu lakukan. Foto yang sudah lama ada di hp android, bisa kamu ubah sendiri tanggalnya dengan menggunakan aplikasi Total Commander. Jika kamu sudah terlanjur mengambil foto, maka silahkan coba cara berikut ini.

1. Buka google play store, lalu pasang aplikasi Total Commander di HP. Setelah terpasang, buka aplikasi untuk memulai edit waktu.

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

2. Sekarang kamu sudah sampai di halamab awal Total Commander, langkah selanjutnya yaitu pilih file foto yang akan diedit. Biasanya foto bisa kita cari di kolom "photos"

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

3. Setelah menemukan dan membuka file foto. Tekan foto tersebut selama 5 detik hingga muncul menu seperti foto di bawah ini. Selanjutnya pilih opsi "properties"

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

4. Ini adalah halaman tempat kita memperbarui tanggal foto, disini terdapat informasi tentang lokasi, ukuran, dan tanggal foto. Silahkan ubah waktu dan tanggal sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai, jangan lupa tekan tombol apply agar hasil edit tersimpan dengan benar.

ubah Tanggal Foto dan Video di HP Android

5. Sekarang tanggal pada foto sudah selesai diperbarui, silahkan cek kembali di penyimpanan file foto agar kamu benar-benar mengetahui format waktu sudah berubah.

Setelah menerapkan cara di atas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa informasi foto di galeri. Ini dilakukan untuk memastikan apakah benar format tanggal sudah berubah sesuai dengan keinginan kita.

Cara Melihat Rincian Informasi Gambar di Galeri

Setelah berhasil mengubah tanggal, langkah selanjutnya adalah melihat atau memeriksa kembali hasil edit tadi, jika tanggalnya berubah maka edit yang kita lakukan tersebut berhasil. Rincian dapat dilihat di file manager dan di galeri. Berikut cara melihat informasi tanggal di galeri

1. Buka aplikasi galeri yang ada di hp kamu, lalu cari gambar yang sudah diedit.
2. Buka gambar tersebut lalu buka menu pengaturan, pilih rincian.
3. Pada halaman ini kita dapat melihat bahwa tanggal pada foto telah berubah

Jika kamu ingin memeriksa di file manager, caranya sebagai berikut :

1. Buka file manager handphone, lalu pilih penyimpanan internal atau eksternal.
2. Setelah itu, cari folder tempat kamu menyimpan foto tersebut. Misalnya kamu menyimpan foto di folder kamera, maka pilih folder kamera.
3. Nanti akan ditampilkan banyak foto, tekan satu foto selama 3 detik sampai muncul menu, pilih rincian

Kesimpulan

Apapun jenis smartphone yang kamu gunakan pasti bisa mengubah tanggal di foto. 2 cara di atas memang sudah saya coba dan buktikan sendiri, kamu bisa gunakan cara yang sudah saya rekomendasikan di atas. Hanya kamu sendiri yang tau alasan menukar tanggal pada foto, jadi gunakan lah foto tersebut untuk hal yang bermanfaat. Jika kamu menemukan cara baru, silahkan ketik di kolom komentar agar kita sama-sama mengetahui dan bisa mempraktekannya

Comments

Popular

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021