Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Memahami Web 3.0 yang Akan Rilis Di Masa Depan

Memahami Web 3.0 yang Akan Rilis

Memahami Web 3.0 - Kita memang tidak bisa mengetahui dengan jelas apa yang akan terjadi di masa depan, apakah teknologi masa depan akan membawa pada kemajuan atau sebaliknya? Biarlah waktu yang akan menjawab. Walaupun demikian, kita masih bisa memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan dengan melihat berbagai teknologi canggih yang sedang dikembangkan saat ini, mulai dari VR, AR, MR serta dunia metaverse yang sedang menjadi perhatian dunia pada saat ini. Kemajuan teknologi internet juga berdampak pada kemajuan web.

Diketahui sampai saat ini web terdiri atas tiga generasi yaitu web 1.0, 2.0, dan 3.0 (akan datang). dan setiap generasi memiliki ciri khasnya masing-masing. Perkembangan dari web 1.0 ke 3.0 selalu membawa kebaruan yang lebih canggih dari sebelumnya, kebaruan ini memberi nuansa baru bagi pengguna internet dan sangat bermanfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum membahas mengenai web 3.0 beserta kehebatannya, ada baiknya kita perkembangan web dari generasi awal.


Perkembangan Web

Web sampai saat ini terdiri atas 3 generasi, semakin tinggi angkanya maka semakin canggih teknologi yang digunakan. Untuk pembahasan lebih lengkap, simak ulasan di bawah ini

1. Read Only Web (Web 1.0)

Sesuai dengan sebutannya, web generasi pertama ini hanya bisa digunakan untuk membaca tulisan yang ada di web melalui komputer. Semua data dalam web hanya "read only", tidak bisa bertransaksi atau berinteraksi dengan pengguna lain. Jika dibandingkan dengan web generasi di atasnya, web tingkat 1.0 ini memang masih belum sempurna. Dalam web 1.0 kita tidak bisa melakukan banyak hal, dan umumnya hanya digunakan untuk publikasi karya ilmiah dan menyampaikan pengumuman secara online.

2. Interactive Web (Web 2.0)

Web generasi ke dua ini adalah web yang kita gunakan sekarang, komunikasi dalam web ini dapat dilakukan dalam dua arah, contohnya kita bisa chatting, transaksi, dan memberikan komentar terhadap postingan. Web 2.0 memberikan pengalaman baru kepada kita dimana pengguna tidak hanya bisa membaca tapi juga bisa menulis, berintraksi dengan pengguna lain. Web 2.0 ditandai dengan hadirnya berbagai aplikasi media sosial seperti facebook, linkedin, instagram, dan youtube dan masih banyak yang lainnya.

3. Stateful Web (Web 3.0)

Setelah merasakan kecanggihan interaktif web (web 2.0), lalu apa selanjutnya? Di masa yang akan datang tentu akan hadir generasi ketiga dari web yaitu Web 3.0 atau bisa disebut "Stateful Web". Pada generasi ketiga ini tidak tidak lagi berbicara tentang interaksi saja, terdapat banyak hal baru yang menjadi revolusi di internet. Dalam hal ini internet menjadi sebuah fungsi yang mengakomodir kebutuhan manusia dalam berinteraksi secara online, salah satunya yaitu privasi. Manusia memiliki hak untuk menjaga privasinya, tapi dalam web generasi kedua hal itu belum dapat diwujudkan. Maka dengan hadirnya web 3.0 akan memberikan privasi yang lebih aman bagi penggunanya. Bagaimana cara web 3.0 mewujudkan itu semua? Berikut jawabannya.


Pengertian Web 3.0 dan Kecanggihannya

Web 3.0 adalah layanan web generasi ketiga yang berfokus pada penggunaan machine learning untuk mengolah data dan memberikan pengalaman baru kepada pengguna, sehingga pengguna dapat merasakan web yang lebih cerdas dan aman dari sebelumnya.

Agar lebih mudah dipahami, machine learning adalah ilmu komputer yang berfokus pada penggunaan data dan algoritma untuk meniru cara manusia belajar dan secara bertahap akurasinya akan sempurna. Machine Learning bekerja dengan mengumpulkan data, memeriksa serta membandingkan data hingga nantinya menemukan pola dan mengeksplorasi perbedaannya. Berikut ini beberapa pembaruan yang akan dibawa web 3.0

1. Semantik Web

Semantik Web adalah teknologi yang memungkinkan komputer paham dan mengerti makna sebenarnya dari informasi yang tersedia di web. Web semantik adalah teknologi yang dapat memungkinkan server atau machine ini memahami satu konteks data atau informasi, bukan hanya melalui keyword yang dipakai tapi dari informasi yang lengkap secara menyeluruh bahkan bisa mengetahui emosi yang terkandung dalam sebuah informasi.

2. No Centralized Authority

Ini merupakan perbedaan mendasar antara web 3.0 dengan dua generasi web sebelumnya. Pada web 2.0 yang kita jalani pada saat ini, saat kita mengakses internet tanpa sadar kita menggunakan pihak ke tiga seperti google. Menggunakan pihak ketiga belum dapat menjamin keamanan data pengguna, karena data dapat diakses oleh pihak-pihak ketiga ini. Dengan tidak diberlakukannya Centralized Authority ini kita dapat mengakses internet dengan aman dan secara langsung tanpa harus memberikan data diri pada mereka.

3. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang menghasilkan teknologi yang canggih. Ketika teknologi AI ini digabung dengan komputer sains dan linguistik, maka web 3.0 ini akan mengerti informasi layaknya manusia. Dengan begitu informasi yang ingin dicari akan lebih lengkap, cepat, dan akurat dibanding dengan mesin pencari yang ada pada saat ini.

4. VR dan AR

Web akan berubah dari grafik 2D menjadi 3D, VR atau AR ini diharapkan akan digunakan dalam web 3.0 yang akan mengintegrasikan pengalaman lebih nyata secara visual. Ini akan membiaskan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital, memang agak terdengar mirip dengan metaverse.


Kapan Web 3.0 Rilis?

Dalam 5 tahun terakhir ini pembahasan mengenai Web 3.0 menjadi berita yang ditunggu-tunggu oleh pengguna internet, karena web 2.0 dirasa masih memiliki kekurangan terutama dalam hal penjagaan privasi. Pembahasan tentang web 3.0 sudah ada sejak awal terkenalnya web 2.0, tapi untuk realisasinya saat itu masih kurang.

Web 3.0 saat ini memang dalam tahap awal pengembangannya bersamaan dengan NFT dan konsep metaverse yang diungkapkan oleh Mark Zuckerberg. Teknologi ini masih dipersiapkan untuk kedepannya agar apa yang menjadi ekspektasi kita (pengguna internet) selama ini dapat diwujudkan.

Rilisnya web 3.0 berkaitan dengan hadirnya berbagai teknologi terbaru seperti blockchain, blockchain dapat dipahami sebagai teknologi yang dapat dipakai untuk sistem penyimpanan data secara digital yang terhubung melalui kriptografi. Kalian pasti tau tentang blockchain, sebuah teknologi yang sangat terkini dan itu sudah mendistrubsi digital. Kehadiran blockchain, cryptocurrency, dan bitcoin, baru permulaan dari sebuah web 3.0 yang nantinya akan mengubah banyak hal dalam kehidupan kita.

Tunggu saja beberapa tahun kedepan web gen ketiga akan hadir. Web 3.0 bukanlah final dari generasi web, tidak menutup kemungkinan akan ada web 4.0 dan 5.0. mari berbaur dengan teknologi, karena apapun yang kita lakukan sekarang selalu berkaitan dengan teknologi. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, terima kasih.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop