Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Tiktok Perpanjang Durasi Video Hingga 3 Menit Demi Kenyamanan Pengguna

Penambahan Durasi Video Tiktok

Penambahan Durasi Video Tiktok - Kabar baik datang dari aplikasi yang sangat populer saat sekarang ini, yaitu TikTok. Pasalnya konten kreator dan pengguna TikTok di seluruh dunia bisa membuat video lebih panjang dari sebelumnya, durasi video tiktok diperpanjang hingga 3 menit.

Perpanjangan durasi video tiktok ini terjadi bukan tanpa sebab, ini merupakan kritik dan masukan dari pengguna, Seperti yang sampaikan oleh Drew Kirchhoff, Manajer Produk di TikTok, banyak pengguna aplikasi menginginkan video lebih lama di beberapa kategori konten seperti konten memasak, tutorial kecantikan yang rumit, serta konten lainnya yang membutuhkan waktu lama untuk ditonton.

Dari sisi pembuat konten, jangka waktu video pendek kadang membuat konten kreator kesulitan dalam merancang videonya, karena mereka harus mengedit ulang agar inti dari konten tersebut tersampaikan dengan baik kepada penonton. Contohnya postingan tutorial memasak yang membutuhkan waktu lebih dari satu menit. tidak semua video tutorial memasak cukup dalam durasi satu menit, kadang ada tutorial yang mengharuskan pembuat konten menambah durasinya lebih panjang lagi agar penonton dapat mempraktekkan masakan tersebut. Sama hal nya dengan video bimbingan kecantikan yang rumit, langkah demi langkah harus diperhatikan dengan benar.

Dengan adanya perpanjang durasi video, pembuat konten tidak akan dipusingkan lagi dengan mengedit video menjadi beberapa potongan. Oleh karena itu diharapkan akan lebih banyak lagi muncul ide kreatif dan kreasi dari kreator.

Setiap konten memiliki keunikan dan kerumitan tersendiri, tergantung bagaimana sang kreator mampu mengedit video semakin menarik dilihat oleh pengikutnya. Dengan banyaknya konten kreatif, diharapkan akan lebih banyak lagi pengguna TikTok di seluruh dunia. Keuntungan juga didapat oleh penonton setia TikTok, mereka dapat menikmati hiburan video selama tiga menit tanpa harus pindah ke potongan video berikutnya. Misalnya saat menonton video musik, pengguna bisa menonton tanpa terputus ke potongan berikutnya. 

Masalah yang sama juga pernah dialami oleh instagram, awalnya video hanya bisa diputar selama tiga puluh detik, setelah beberapa tahun maka diterapkan perpanjangan video selama satu menit dan pada tahun ini video di instagram bisa ditonton lebih dari lima menit. Tidak menutup kemungkinan untuk tahun-tahun berikutnya TikTok akan memperpanjang durasi video lagi.

Dari waktu ke waktu pengguna tiktok semakin bertambah, didominasi oleh anak muda. Bertambahnya jumlah pengguna semakin membuat aplikasi tiktok menjadi populer, bisa dikatakan bahwa sekarang aplikasi ini sudah sama terkenalnya dengan platform populer lainnya. 

Berdasarkan data dari apptopia, media sosial tiktok menjadi salah satu aplikasi terfavorit selama tahun 2020 karena aplikasi ini banyak diunduh oleh manusia di seluruh dunia. Total unduhan pada tahun lalu adalah sebanyak 850 juta pengunduh.  

Sedangkan berdasarkan riset dari statista, pada bulan februari 2021 pengguna tiktok diseluruh dunia mencapai 35,28 juta. Oleh karena itu tidak salah jika tiktok dinobatkan sebagai "Highest Grossing App".

Data berdasarkan hasil riset statista memprediksi bahwa pada bulan mei tahun 2022 pengguna platform tiktok di seluruh dunia akan mencapai lebih dari satu miliar, dan umumnya didominasi oleh kalangan muda atau remaja.


Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop