Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Manfaat Pajak Bagi Diri Sendiri, Masyarakat, dan Stabilitas Ekonomi di Indonesia

manfaat pajak

Membayar pajak merupakan wujud kewajiban serta hak dari masyarakat  untuk berpartisipasi dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional. hal ini terdapat dalam UUD 1945 pasal 32 A yang berbunyi "Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan Undang-Undang".

Kilas balik, perpajakan bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat indonesia. Jauh sebelum negara Indonesia merdeka, tepatnya pada zaman kerajaan, masyarakat sudah mengenal pajak. Pada zaman ini, masyarakat diwajibkan untuk memberikan upeti kepada raja yang berkuasa. Upeti adalah pungutan sejenis pajak yang bersifat memaksa. 

Pemberian upeti kepada raja merupakan bentuk persembahan, karena masyarakat mempercayai bahwa raja merupakan wakil tuhan dan dapat memberikan perlindungan pada masyarakat. 

Pada masa kolonial kolonial Belanda, VOC juga memungut pajak, seperti Pajak Rumah, Pajak Usaha, dan Pajak Pedangang asing. Lalu, juga terdapat peraturan mengenai Pajak Penghasilan di Era Kolonial. Setelah Indonesia merdeka, pengenaan pajak lebih konservatif dan adil.

Manfaat Pajak Bagi Diri Sendiri dan Masyarakat

Mayoritas negara saat ini mewajibkan penduduknya untuk membayar pajak karena dapat mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Tak terkecuali Indonesia, saat ini pemerintah Indonesia sering sekali menggalakkan wajib pajak bagi masyarakat. Uang pajak yang masuk sebagai pendapatan negara nantinya akan digunakan untuk kepentingan bersama seperti membangun fasilitas umum, membiayai anggaran kesehatan dan anggaran pendidikan, serta pembangunan di berbagai sektor. 

Jika tidak ada yang membayar pajak, tentu pembangunan juga tidak akan lancar. Maka dari itu, hendaknya setiap warga negera memiliki kesadaran untuk membayar pajak. Sebab, Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan digunakan lagi untuk kepentingan bersama. 

Sebagai contoh, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut perlu biaya anggaran yang besar, biaya tersebut tentunya berasal dari pajak-pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Pengalokasian anggaran untuk pendidikan ini bisa dimanfaatkan untuk subsidi pendidikan, beasiswa bagi mahasiswa atau siswa berprestasi, dan bantuan bagi siswa kurang mampu. 

Selain dapat dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan, pajak juga dimanfaatkan untuk meningkatkan infrastruktur negara. Pajak yang didapat dari para wajib pajak akan digunakan untuk membangun fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh para wajib pajak. Contohnya perbaikan jalan yang sudah rusak, memperlancar akses transportasi umum, dan lain-lain. 

Artinya, pajak yang kita berikan kepada negara itu tidak sia-sia karena akan digunakan lagi untuk kepentingan bersama. Jika pembangunan lancar serta stabilitas ekonomi terjaga, maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan segera menjadi negara maju dan makmur. 

Apa Manfaat Pajak Bagi Stabilitas Ekonomi? 

Dikutip dari pajak.go.id, pajak memiliki 4 fungsi, salah satunya yaitu fungsi stabilitas. Lalu apa manfaat dari fungsi stabilitas ini? Dengan adanya pajak, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi dapat dikendalikan, Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan jalan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, penggunaan pajak yang efektif dan efisien.

Dalam perekonomian, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga yang signifikan secara terus menerus dalam janga waktu tertentu, fenomena ini biasa disebut dengan inflasi. Pada umumnya inflasi disebabkan oleh permintaan barang yang lebih tinggi dari penawaran. Mengakibatkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa yang menyebabkan kenaikan harga. Pajak yang diberikan masyarakat pada negera dapat dimanfaatkan oleh negara untuk menekan laju inflasi.  

Saat ini Ditjen Pajak RI (DJP) memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membayar pajak, salah satu inovasinya yaitu meluncurkan aplikasi bernama M-Pajak. Aplikasi ini tentunya akan memudahkan para wajib pajak untuk membayar pajak kapanpun dan dimanapun berada. Ditambah lagi dengan tampilan aplikasi yang bagus semakin menarik perhatian dari para wajib pajak. 

Seperti yang kita ketahui, di era digital saat ini semua kegiatan dipermudah dengan adanya teknologi dan internet. Oleh sebab itu, kemajuan M-Pajak hadir untuk memberikan layanan terbaik baik wajib pajar agar lebih mudah dan efisien dalam membayar pajak. 

Kesimpulan

Pajak merupakan komponen penting untuk pembangunan di suatu negara, oleh karena itu umumnya negara-negara lain menerapkan wajib pajak, salah satunya adalah Indonesia. Dengan adanya pajak, negara memiliki pemasukan untuk melakukan pembangunan di berbagai sektor. 

Pembangunan ini nantinya akan memberikan manfaat pada wajib pajak dalam bentuk bantuan pendidikan, subsidi bahan pangan dan juga fasilitas umum seperti pembuatan jalan, jembatan, kemudahan mengakses transportasi umum, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan. 

Selain itu pajak juga membantu dalam kestabilan ekonomi Indonesia. Dengan adanya pajak, pemerintah daerah maupun pusat memiliki dana untuk menjalankan kebijakan stabilitas harga, sehingga bisa menekan laju inflasi. 

Bagaimana pun saat ini Indonesia masih terus melakukan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat hendaknya mendukung hal tersebut, salah satunya yaitu dengan memiliki kesadaran untuk membayar pajak.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop