Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Cara Daftar Linkedin 2021, Pengertian dan Manfaat Linkedin

Daftar Linkedin 2021

Daftar Linkedin - Pengguna media sosial yang berumur dibawah 20 tahun mungkin masih asing dengan platform yang satu ini, yaitu Linkedin. karena memang platform ini beda dengan platform media sosial lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat dari tujuan dan cara pemilik akun mengelola akunnya. Media sosial yang satu ini ditujukan untuk menghantarkan seseorang ke dalam dunia kerja, sehingga cara menggunakannya pun tidak sama dengan medsos lain.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang linkedin, pada kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan secara ringkas mengenai cara daftar Linkedin 2021, Pengertian dan Manfaat Linkedin. Simak pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Linkedin?

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk mendapat pekerjaan pasti pernah mendengar platform linkedin, atau mungkin kamu pernah ditawarkan untuk menggunakan linkedin. Tak jarang pula orang pengatakan linkedin ini identik dengan hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Anggapan tersebut bisa dibenarkan karena linkedin ini merupakan salah satu wadah bagi para pencari kerja.


Baca Juga : Dapatkan Pekerjaan Lewat Linkedin 2021 dengan Melakukan Tips Ini


Linkedin adalah media sosial profesional terbesar dalam dunia internet yang fokus dalam bisnis dan profesional kerja. Para profesional seperti CEO, Owner, Supervisor, dan para lulusan universitas yang sedang mencari pekerjaan bisa bergabung dengan platform yang satu ini.

Jejaring sosial yang satu ini berbeda dengan jejaring sosial yang sering kita gunakan, dimana kita bebas berteman dengan siapa saja dan bebas mengirim foto sesuai keinginan kita. Saat sudah bergabung dengan platform ini otomatis kamu akan menampilkan dirimu secara profesional. Mulai dari penulisan data diri atau resume sampai ke hal terkecil tentang dirimu harus ditulis secara formal.

Ringkasnya seperti ini, linkedin ini seperti facebook tapi tapi fokus pada menampilkan riwayat profesional. Para rekruter bisa melihat latar belakang yang sudah kamu tulis dan akan melakukan penyeleksian jika kamu terpilih sebagai calon pekerja di perusahaan mereka.

Setelah mendaftar secara online, kamu akan diarahkan untuk mengisi tentang data diri dam semua hal yang berkaitan dengan dirimu, maka isilah dengan sebaik dan selengkap mungkin. Semakin lengkap resume yang kamu berikan, maka itu akan menjadi nilai tambah bagi kamu

Sebagian besar perusahaan yang telah tergabung dengan linkedin mencari tau informasi tentang pelamar lewat platform ini. Jika informasi yang kamu tuliskan memenuhi standar perusahaan yang dituju, mereka bisa saja menawarkan kamu sebuah pekerjaan.

Cara Daftar Linkedin 2021

Untuk masuk ke linkedin, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah daftar akun linkedin di bawah ini secara berurutan :

1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi linkedin. Buka aplikasi, pilih "bergabung sekarang" untuk membuat akun baru. Jika sudah memiliki akun, silahkan login.

Daftar Linkedin 2021

2. Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengisi nama depan dan nama belakang. Selanjutnya kamu juga harus mencantumkan email atau nomor telepon, pilih salah satu.

Daftar Linkedin 2021

3. Isi negara/wilayah kamu. Setelah itu ada pertanyaan tentang status kamu sekarang, jika kamu masih mahasiswa, silahkan isi nama universitas dan gelar yang akan didapat nanti. Jika telah lulus kuliah tidak perlu mengisi kolom tersebut.

Daftar Linkedin 2021

4. Tambahkan foto jika ingin memasang foto sekarang. Jika tidak diisi juga tidak masalah.

Daftar Linkedin 2021

5. Selanjutnya konfirmasi alamat email. Nanti akan ada konfirmasi dari pihak linkedin melalui email seperti pada gambar dibawah. Ini adalah email konfirmasi yang telah dikirim. Klik "kkonfirmasi alamat email saya"

Daftar Linkedin 2021

6. Pilih opsi "ya" jika kamu sedang mencari pekerjaan. Selanjutnya kamu bisa menghubungkan akunmu dengan kontak teman yang ada di handphone.

Daftar Linkedin 2021

7. Ikuti beberapa akun agar mendapat info terbaru dari akun tersebut. Jika sudah, berarti akunmu sudah terdaftar.

Daftar Linkedin 2021

Manfaat Memiliki Akun Linkedin

Setelah membaca penjelasan di atas, pasti kamu bisa menyimpulkan sendiri manfaat dari platform unik ini. Sebagai tambahan informasi, inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan :

1. Melihat Informasi Lowongan Pekerjaan

Informasi tentang lowongan kerja sangat dibutuhkan oleh para pencari pekerjaan, dan linkedin menyediakan informasi tersebut. Informasi tentang lowongan kerja di luar negeri dan di dalam negeri tersedia di sana, kamu bisa memilih pekerjaan apa yang kamu inginkan. Manfaatkan semua fitur yang ada di aplikasi tersebut karena itu akan sangat membatu kamu dalam mendapatkan pekerjaan

2. Membuat CV online dan dapat dilihat oleh rekruter

Dalam CV tersebut kamu bisa tuliskan riwayat pekerjaan, histori pendidikan, skor TOEFL, riwayat organisasi dan informasi lainnya yang dapat mendukung isi CV. Karena semua informasi profesional kamu tulis di profil, maka semua orang bisa melihat semua yang kamu tulis, tak terkecuali para rekruter. Semakin banyak informasi yang kamu tambahkan di resume, maka akan meningkatkam harga jual kamu.

3. Memperluas Koneksi dan Relasi

Seperti yang sama-sama kita tahui, linkedin tidak hanya ada di indonesia, banyak negara yang bisa mengakses linkedin. Karena negara luar juga bisa mengakses jejaring ini, koneksi yang kamu dapatkan juga akan luas. Informasi pekerjaan yang ada di luar negeri juga bisa kamu dapatkan. Koneksi dan relasi penting untuk membangun karir.

Kamu bisa terhubung dengan para investor, pekerja dari perusahaan lain, dan teman-teman seperjuangan. Misalnya ada seorang investor yang bekerja di wilayah tempat tinggal mu, lalu dia melihat profil kamu, jika dirasa cocok maka tidak menutup kemungkinan kamu akan ditawarkan sebuah Pekerjaan 

4. Rekomendasi Dari Teman

Rekomendasi yang dimaksud disini adalah pengakuan dari teman-teman di linkedin. Pengakuan dari akun lain dapat memvalidkan CV yang kita miliki. Selain itu, komentar orang lain juga menjadi penilaian bagi para rekruter. Orang yang memberikan komentar biasanya adalah orang yang pernah bekerja sama dengan kita

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih