Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Dapatkan Pekerjaan Lewat Linkedin 2021 dengan Melakukan Tips Ini


Tips Dapat Pekerjaan Lewat Linkedin 2021

Linkedin - Beberapa tahun belakangan ini mendapat pekerjaan merupakan hal yang sulit bagi para pencari kerja. Persaingan dalam berbagai profesi semakin meningkat. Jaman dahulu lulusan S1 masih bisa dengan mudah mendapat pekerjaan, berbeda dengan tahun sekarang. Masalah seperti ini memaksa kita untuk memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia untuk mencari pekerjaan, mulai dari melamar ke berbagai perusahaan, membuka bisnis sendiri dan memasukkan lamaran kerja ke media sosial profesional seperti Linkedin.

Linkedin sebagai media sosial profesional memberikan peluang kepada pencari kerja untuk mendapatkan info lowongan kerja, memasukkan lamaran kerja, membangun citra diri, dan memperkenalkan diri mereka kepada para recruiter. Dengan adanya Linkedin ini, banyak orang yang terbantu dalam mendapatkan pekerjaan, berbekal jaringan internet saja mereka bisa mendapatkan kerja.

Linkedin juga membantu para recruiter untuk mencari individu yang sesuai dengan kriteria perusahaan mereka. Selain itu mereka juga bisa memeriksa profil para pekerja sebelum pekerja tersebut disetujui untuk bergabung dalam sebuah proyek.

Untuk cepat mendapat pekerjaan melalui linkedin, ada tips dan trik yang perlu kamu terapkan agar tidak kalah saing dengan pengguna linkedin lainnya. Lakukan tips dibawah ini agar profil akunmu terlihat profesional dan cepat dilirik oleh para recruiter.

Tips Dapat Pekerjaan Lewat Linkedin 2021

1. Gunakan Nama Lengkap

Di Linked, semua informasi yang kamu sediakan itu harus bersifat profesional termasuk cara penulisan nama. Gunakan nama lengkap, tambahkan gelar jika diperlukan. Perlu diingat, plaform yang satu ini berbeda dengan platform lain dimana kita bisa leluasa mengubah nama atau bahkan tidak mencantumkan nama.


Baca Juga : Cara Daftar Linkedin 2021, Pengertian dan Manfaat Linkedin


2. Menggunakan Foto Profil yang Profesional

Memilih foto merupakan tahapan penting saat melamar pekerjaan secara online, karena para recruiter tidak bertemu secara langsung dengan si pelamar. Kamu bisa gunakan foto yang sopan dan rapi agar profilmu tampak profesional. Tidak wajib menggunakan foto formal berlatar belakang merah, tapi cukup gunakan foto dengan pakaian sopan sehingga nyaman dilihat oleh orang lain.

Setelah menambahkan foto profil, tambahkan pula foto back ground. Pilih foto terbaik yang kamu miliki, misalnya kamu pernah bekerja sebagai pegawai bank, maka kamu bisa pilih foto tersebut sekaligus sebagai tambah informasi profesi kamu sebelumnya.

3. Tulis Riwayat Pekerjaan dan Pendidikan Secara Sistematis

Jika kamu sebelumnya pernah menekuni beberapa pekerjaan, sebaiknya tuliskan secara lengkap di Linkedin. Karena bisa jadi ada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan karyawan yang memiliki pengalaman pekerjaan. Ceritakan semua perjalanan karir kamu dari awal merintis karir sampai pekerjaan yang terakhir kali kamu dapatkan. Tapi jika kamu Fresh Graduate, isi riwayat kerja ini

Setelah itu tambahkan riwayat pendidikan secara sistematis. Boleh nama Sekolah atau nama universitas saja. Banyak orang yang memilih mencantumkan nama sekolah agar bisa menemukan teman-teman sekolah dulu, hal ini sangat penting untuk memperluas koneksi dan relasi kamu nantinya

4. Buat Headline Profil Profesional

Tuliskan informasi tentang tempat pekerjaan dan jabatan yang kamu miliki sekarang, ceritakan dengan jujur dan bahasa yang sopan agar headline kamu terlihat profesional. Tambahkan hobi profesional yang dimiliki, misanya kamu suka menulis artikel jika ada kesempatan. Jika kamu seorang graduate, tambahkan prestasi yang kamu dapatkan selama mengenyam pendidikan. Tambahkan semua informasi yang dirasa dapat menunjang profilmu.

5. Tulis Daftar Keahlian

Buat daftar keahlian yang relevan dengan bidang yang kamu tawarkan di Linkedin. Misalnya kamu seseorang yang ahli dalam Konten Writer, maka tulis semua informasi tentang hal tersebut. Ini berguna untuk memberi tahu kepada recruter bahwa kamu memiliku skill sebagai penunjang kesuksesanmu.

6. Minta Rekomendasi

Di linkedin terdapat kolom rekomendasi yang bisa diisi oleh teman, atasan, dan rekan kerja.  Rekomendasi ini ibarat pengakuan atas profesionalitasmu dari teman yang pernah bekerjasama dengan kamu. Jika kamu belum mendapat rekomendasi, maka hubungilah beberapa rekan kerja atau atasan untuk memberikan rekomendasi di akunmu.

Setelah kamu telah diberi rekomendasi, ada baiknya kamu melakukan hal yang sama kepada akun tersebut sebagai bentuk terima kasih. Berilah mereka rekomendasi sesuai dengan bidang yang relevan. Lalu jalinlah komunikasi agar relasi dan koneksimu bertambah.

7.  Selalu Perbarui Profil

Selama masa mencari pekerjaan mungkin kamu melakukan sesuatu yang bisa dinilai sebagai prestasi misalnya menang lomba design, silahkan tambahkan informasi tersebut ke dalam profil. Atau kamu baru saja menyelesaikan pendidikan magister sehingga ada penambahan title, boleh ditambakan ke profil. Siapa tau dengan informasi update tersebut, para recruiter menawarkan pekerjaan kepada kamu.

8. Mencari Koneksi

Cari nama teman di kolom search lalu tekan "tambahkan teman" jika sudah terkoneksi dengan mereka, kamu bisa melihat daftar koneksi dari teman. Cara lainnya yaitu mencari profil dari sisi profesionalitas yang kamu minati. Misalnya kamu minat di bidang programmer maka kamu tinggal search di kolom pencarian, orang dengan profesi relevan akan bermunculan disitu.

9. Sharing Isi Pikiran

Boleh saja jika kamu ingin memberikan pandangan dan argumen terhadap suatu fenomena, linkedin memberikan ruang untuk itu. Tapi perlu diingat, tulisan yang kamu bagian harus bersifat profesional dan berhubungan dengan dunia pekerjaan. Ini bisa digunakan sebagai ajang untuk membangun self branding.

10. Gabung dengan Grup di Linkedin

Carilah grup atau komunitas yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu minati. Misalnua kamu bekerja di industri pertambangan maka bergabunglah dengan komunitas yang relevan, dengan harapan nantinya kamu akan mendapat banyak informasi terkait bidang tersebut.

11. Memberikan Komentar di Postingan Orang lain

Postingan seseorang di linkedin dapat kamu komentari. Memberi komentar di akun orang lain termasuk cara memperkenalkan diri, karena saat komentar tersebut terkirim tidak hanya nama kamu yang muncul tapi informasi dibawah nama kamu akan muncul juga.

12. Maksimalkan Fitur Job

Fitur ini bisa digunakan untuk akun premium. caranya sangat mudah, ketik posisi apa yang kalian inginkan di sebuah pekerjaan, nanti akan nampak semua perusahaan yang sedang membuka lowongan. Jika dirasa cocok dengan diri kalian, langsung tawarkan diri untuk bekerja di perusahaan tersebut

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop