Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Atasi Ditemukan Saat ini Tidak Diindeks Mudah 2021 di GSC

Atasi Ditemukan Saat ini Tidak Diindeks GSC

Ditemukan Saat ini Tidak Diindeks - Setelah memposting sebuah artikel, belum lengkap rasanya jika belum meminta pengindeksan di google search console. Mengindeks artikel di search console merupakan kebiasaan bagi para blogger, terutama para pemilik blog yang masih baru. Blog atau website yang umurnya sudah lama sangat cepat diindeks oleh google ketika mengirimkan artikel baru.

Google search console adalah tools/alat yang disediakan google bagi para pemilik website dan blog agar dapat dengan muda memantau aktivitas dan trafik blog mereka. Selain digunakan untuk melihat aktivitas blog, search console juga menyediakan fitur inspeksi URL untuk meminta artikel segera diindeks. Artikel yang berhasil terindeks akan ada keterangan "dikirim dan diindeks" saat kita melakukan pengujian URL.

Saat meminta mengindeksan tidak jarang terjadi masalah yang membuat kita bingung dalam mengatasinya. Ditemukan - Saat ini Tidak Diindeks merupakan masalah yang sering terjadi saat kita ingin mengindeks sebuah artikel. search console sendiri sudah memberitahu cara mengatasinya, tapi mungkin ada diantara kita yang masih belum mengerti cara mengatasinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara mengatasinya. Sebelum masuk ke pembahasan inti, terlebih dahulu kita akan membahas penyebab artikel sulit diindeks.


Sebab Artikel Sulit Terindeks

Meminta pengindeksan artikel melalui inspeksi URL di search console berarti kita telah meminta kepada google agar artikel yang telah kita posting dapat segera tampil di halaman google. Waktu pengindeksan sangat beragam, ada yang membutuhkan waktu satu jam saja dan ada pula yang harus menunggu selama 2 hari agar artikel terindeks.

Usia dan traffic blog sangat berpengaruh terhadap kecepatan waktu indeks. Jika kita lihat blog yang sudah maju dan memiliki usia lebih dari satu tahun, umumnya artikel dalam blog tersebut cepat terindeks google bahkan sudah terindeks otomatis sejak detik pertama diposting. Kalau blog kamu masih baru maka usahakan sering meng-upload artikel agar website kamu memiliki rangking bagus di mesin pencari google.

Usahakan dalam satu hari kamu mengindeks maksimal 2 artikel saja. Ini mungkin berlaku bagi blog baru yang lebih masih sulit tampil di halaman google. Menurut pengalaman saya, saat mengindeks lebih dari 2 artikel dalam satu hari pasti ada saja masalah yang terjadi. Jadi, sampai sekarang saya menerapkan cara ini untuk menghindari masalah pada blog. Google search console memiliki batasan maksimal pengindeksan artikel dalam satu hari.


Mengatasi Ditemukan - Saat ini Tidak Diindeks

Satu bulan yang lalu saya mendapati dua artikel di blog mengalami masalah ini, awalnya masalah ini saya biarkan saja dan mencoba request indeks setiap hari berharap ada perubahan. Setelah menunggu sekian lama artikel tetap tidak terindeks, akhirnya saya mencari tau penyebab dan cara mengatasinya.

Pertama, saya membaca keterangan yang dijelaskan oleh search console tentang masalah "ditemukan saat ini tidak diindeks". Dari bacaan tersebut dapat disimpulkan bahwa URL sudah di crawl oleh mesin tapi google memutuskan untuk tidak mengindeks URL tersebut karena ada kesalahan terkait kualitas konten.

Awalnya saya tidak mengerti apa yang dimaksud dengan "kualitas konten" pada keterangan tersebut. Artikel yang saya tulis merupakan hasil pikiran saya sendiri, bukan salinan dari artikel lain. Oleh karena itu, saya mengatasi masalah tersebut dengan cara di bawah ini

1. Masuk ke halaman dashboard blogger lalu pilih artikel yang bersangkutan.

2. Ubah kembali artikel tersebut kedalam bentuk draf. Setelah itu perbaiki judul, beri tambahan kalimat pada isi konten, ubah permalink, lalu perbaiki deskripsi penelusuran.

ditemukan saat ini tidak diindeks

Sedikit informasi, saat mengubah judul atau isi konten, jangan ubah kata kunci yang sudah ditargetkan. Tambahkan saja berapa kata atau kalimat yang berkaitan dengan konten tersebut.

3. Setelah artikel selesai diedit. Klik kolom "perbarui" untuk memposting artikel yang sudah diperbaiki.

4. Selanjutnya buka halaman blog kamu, lalu copy link artikel yang sudah diperbarui tadi.

5. Buka google search console lalu tempelkan link artikel tadi pada kolom inspeksi URL. Selanjutnya, periksa keaktifan URL. Jika URL sudah aktif, klik "minta pengindeksan"


Baca Juga : Cara Submit Url Webmaster Tools Google/Search Console 2021


Awalnya mungkin tidak akan langsung diindeks, tunggu saja selama beberapa jam dan jangan lupa diperiksa kembali. Menurut pengalaman saya, waktu itu saya menunggu sampai 10 jam. Saat di cek lagi, artikel tersebut sudah berhasil terindeks dan terkirim ke peta situs. 


Tips Agar Artikel Segera Diindeks Google

Ada banyak faktor yang mempengaruhi artikel cepat diindeks, lima faktor dibawah ini merupakan hal yang bisa kamu lakukan sebelum mengirim artikel ke blog.

Buat Tulisan Lebih Dari 700 kata

Semakin banyak jumlah kata pada artikel maka semakin besar peluang diindeks oleh google. Sebenarnya tidak ada patokan jumlah kata, tapi menurut informasi dari para master blogger, semakin banyak jumlah kata maka semakin cepat URL tersebut diindeks. Bercermin dari artikel yang tidak diindeks, tulisan dalam artikel tersebut hanya berisi 500 kata, artikel baru berhasil terindeks saat total kata lebih dari 700 kata.

Ketik Artikel Original

Ini maksudnya adalah usahakan mengetik artikel berdasarkan pemahaman sendiri, sajikan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Boleh saja mendapat inspirasi dari blog lain, tapi saat kita ingin membuat artikel dengan tema serupa, buatlah artikel tersebut dengan bahasa sendiri. Mesin google sangat cerdas, ia mampu mendeteksi kemiripan antara satu artikel dengan artikel lain.

Jangan Terlalu Sering Meminta Indeks Artikel

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger yaitu tidak sabar agar artikelnya segera tampil di halaman google sehingga memaksakan artikel untuk diindeks. Jangka waktu pengindeksan tidak bisa kita ketahui, kadang ada yang langsung diindeks ada juga yang lama terindeks. Yang bisa kita lakukan adalah membuat artikel unik dan bermanfaat bagi pembaca.

Beri Internal Link Dalam Artikel 

Internal Link adalah URL artikel lain di blog kita yang sengaja di tempatkan di artikel baru, dengan harapan artikel lama tersebut di klik oleh pembaca. Hindari memberi internal link yang tidak ada kaitannya dengan artikel baru yang akan diupload, carilah artikel dengan topik yang sama. Hal ini mempermudah artikel untuk cepat terindeks oleh google, lakukan hal ini selalu sebelum memposting sesuatu. Pastikan link tersebut bisa diakses atau tidak mengalami error

Perbanyak Postingan

Tidak hanya umur blog yang harus diperhatikan, total postingan juga menjadi penilaian bagi google untuk menampilkan artikel kita di halaman. Blog yang tampil di halaman pertama google umumnya adalah blog yang aktif dan memiliki banyak artikel. Dengan banyaknya artikel, maka pengunjung blog juga akan bertambah.

Comments

  1. Aku ngga tentu sih, kadang cepet banget, kadang agak lama, kadang lama bnget smpai capek…

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya kak. semoga masalah saya juga bisa teratasi. Hampir setengah artikel saya tidak terindeks karena alasan ini

    ReplyDelete
  3. Berkat artikel ini saya menemukan solusi pengindekan blog saya terimakasih informasinya semoga blognya ini semakin ramai 🙏🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop