Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Supaya Media Sosial Dinonaktifkan Sementara, Lakukan Cara Ini

Media Sosial Dinonaktifkan Sementara

Media Sosial Dinonaktifkan - Kehadiran internet membawa dampak besar terhadap kemajuan teknologi komunikasi, media sosial adalah salah satu dampak kemajuan teknologi. Berselancar di media sosial merupakan hal yang menyenangkan dalam menghabiskan waktu luang bagi sebagian orang. Mereka cenderung ingin berlama-lama melihat konten menarik yang tersedia di internet.

Saat lelah beraktivitas di media sosial, ada masanya kita ingin menarik diri dari dunia maya disebabkan oleh beberapa alasan yang hanya diketahui oleh diri sendiri. Cara paling tepat agar lepas dari kehidupan dunia maya adalah dengan menonaktifkan akun media sosial. Berikut sudah kami sediakan cara menutup sementara media sosial sementara serta penjelasan penting sebelum akun kamu benar-benar dinonaktifkan.


Apa itu Menonaktifkan Media Sosial?

Menonaktifkan media sosial adalah cara yang dilakukan oleh pemilik akun untuk tidak mengaktifkan akunnya dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan hapus akun permanen yang jika sudah terhapus tidak bisa login kembali, saat nonaktif akun bisa login kembali jika berubah pikiran.

Saat akun Media Sosial dinonaktifkan sementara waktu, akun kita tidak bisa dikunjungi oleh pengikut sampai kita memutuskan untuk login kembali kedalam akun. Pikirkan dengan matang sebelum menonaktifkan akun, jangan sampai keputusan tersebut menciptakan masalah kehidupan. Jadi, ada baiknya kita memberi tau kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu agar mereka tidak bingung jika ingin menghubungi.


Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menutup Sementara Media Sosial?

Waktu yang paling tepat untuk menonaktifkan media sosial adalah ketika media sosial itu tidak memberikan dampak yang baik dalam kehidupan kamu. Jika kehadirannya bukan membuat hidup tambah bahagia, lebih baik kamu beristirahat dulu sampai benar-benar pulih. Sebenarnya tidak ada perkiraan waktu khusus untuk menonaktifkan akun, itu tergantung diri kita masing-masing.

Kamu bisa bandingkan kebiasaan kamu sebelum dan setelah menggunakan media sosial, apakah setiap harinya semakin baik atau malam sebaliknya. Misalnya dulu kamu memiliki kebiasaan belajar saat malam hari, tapi setelah masuk ke dunia maya kamu jadi lupa belajar dan akhirnya kebiasaan kamu berubah. Jika terjadi hal seperti ini sebaiknya istirahat dulu bermain di media sosial atau buat jadwal harian.

Selain alasan di atas, ada pula yang menonaktifkan media sosial dengan alasan keamanan. Biasanya ini terjadi pada akun yang sudah lama tidak digunakan, akun yang jarang aktif sebaiknya dinonaktifkan saja atau langsung dihapus agar keamanannya lebih terjaga. Silahkan tutup sementara akun kamu jika dirasa waktunya sudah tepat, dan kembali login ke akun jika ingin mengaktifkan.


Cara Agar Media Sosial Dinonaktifkan Sementara

Ada beberapa media sosial yang bisa dinonaktifkan, platform dibawah ini merupakan platform yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, mungkin kamu salah satu penggunanya. Berikut cara menutup sementara media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook.

Facebook

Menonaktifkan akun facebook sangat mudah tidak perlu menghapus melalui browser, cukup dengan login ke aplikasi facebook. Untuk masuk ke akun silahkan isi email/nomor telepon serta kata sandi.

Setelah berhasil login, masuk ke menu profil lalu pilih ikon pengaturan. Lalu scroll kebawah, pilih kolom "Kepemilikan dan Kontrol Akun", perhatikan gambar di bawah. Jika sudah sampai di tahap ini maka langkah selanjutnya pilih opsi pertama yaitu nonaktifkan sementara.

Media Sosial Dinonaktifkan Sementara

Akun yang sudah dinonaktifkan masih bisa digunakan untuk mendaftar di layanan lain yang bekerja sama dengan facebook, hanya saja jika pengguna lain mencari akun kamu di kolom pencarian, akun kamu tidak akan muncul sampai kamu login kembali ke facebook.


Baca Juga : Mendaftar Twitter Tanpa Nomor HP Terbaru 2021 


Instagram

Cara tutup akun sementara atau nonaktif sementara di instagram berbeda dengan cara tutup akun facebook. Kita tidak bisa menutup akun di aplikasi tapi harus menggunakan browser. Oleh karena itu, siapkan browser yang akan kamu gunakan untuk menghapus akun.

Langkah pertama masuklah ke dalam akun instagram lewat browser, isi email dan kata sandi. Setelah masuk ke halaman depan, beralih ke menu profil lalu klik ikon pengaturan di sebelah kiri atas. Jika sudah, pilih "Edit Profil", lalu scroll sampai ke bawah dan klik tulisan berwarna biru "nonaktifkan sementara akun saya". Langkah selanjutnya isi kembali password untuk mengkonfirmasi bahwa kamu siap menonaktifkan akun. Perhatikan gambar dibawah ini.

Media Sosial Dinonaktifkan Sementara

Twitter

Menghapus akun twitter dapat dilakukan di aplikasi dan browser, pilih salah satu saja. Pada contoh kali ini kita akan mencoba menghapus akun menggunakan aplikasi.

Langkah pertama silahkan masuk ke aplikasi twitter, kalu klik foto profil kita di sudut kiri atas. Setelah itu klik tulisan "pengaturan dan privasi" yang akan di bawah. Jika sudah, pilih menu paling atas yaitu edit profil. Perhatikan gambar dibawah agar lebih paham. Jika sudah sampai di tahap ini, silahkan lihat halaman paling bawah yang bertuliskan "nonaktifkan akun saya" klik menu tersebut.

Media Sosial Dinonaktifkan Sementara

Waktu penonaktifan berlangsung selama 30 hari. Ketika akun kamu sudah dinonaktifkan, maka pengguna lain tidak bisa me-mention atau men-tag akun kamu sampai masa berlaku nonaktif telah usai.


Manfaat yang Didapat Setelah Menonaktifkan Media Sosial

Setelah mengetahui cara menonaktifkan akun di atas, ada baiknya kamu mengetahui manfaat yang akan didapat jika kamu melakukan hal tersebut. Berikut manfaatnya

1. Lebih Fokus di Real Life

Ada sebagian orang yang ketagihan berselancar di media sosial sampai lupa dengan tugasnya di dunia nyata. Tentunya ini berbahaya jika kamu bermain media sosial sampai lupa waktu. Dengan menonaktifkan akun, waktu kamu untuk mengakses media sosial menjadi berkurang dan selama masa penonaktifan akun, kamu bisa belajar hal baru sehingga hidupmu lebih produktif.

2. Terhindar dari Pertemanan di Media Sosial

Media sosial memang memiliki banyak dampak bagi untuk kita, salah satunya yaitu sebagai media komunikasi dan menambah relasi pertemanan di dunia maya. Tapi tak jarang kita temui permasalahan yang terjadi di dunia maya yang akhirnya mempengaruhi kehidupan kita di real life. Oleh karena itu, menonaktifkan akun media sosial penting untuk kamu yang ingin terhindar dari masalah pertemanan di media sosial.

3. Lebih Mencintai Sesuatu yang Kita Miliki

Media sosial menampilkan banyak hal yang mungkin tanpa kita sadari membuat kita sedikit insecure dengan apa yang kita miliki sekarang. Apa yang ditampilkan di media sosial mungkin tidak seindah yang kita pikirkan, tapi dengan hasil foto yang bagus maka kita terpengaruh oleh postingan tersebut. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menonaktifkan media sosial sementara waktu sampai kamu berasa lebih baik.

4. Hemat Pengeluaran

Untuk mengakses media sosial butuh paket data agar terhubung dengan internet, dan pastinya kita butuh biaya untuk mendapat kuota internet. Selain itu di media sosial banyak terdapat barang-barang menarik sehingga kita tertarik untuk memilikinya. Dengan menutup sementara akun medsos kamu, maka secara tidak langsung kamu telah menghemat uang.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop