Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Kehebatan Meta yang Lebih Inovatif Dari Pada Perusahaan Facebook

penjelasan meta verse facebook

Kehebatan Meta Lebih Inovatif - Perusahaan facebook dikembangkan oleh orang-orang yang kreatif dan inovatif, sehingga terus bisa memberikan ide-ide terbaru dalam bidang teknologi. Inovasi yang diberikan oleh Meta ini bukan hal biasa, melainkan inovasi luar biasa yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya, yaitu kita bisa memasuki dunia virtual dan menjalani kegiatan di dalam dunia virtual tersebut. Begitulah cara Mark Zuckerberg menciptakan inovasi teknologi yang mampu membuat kita tercengang.

Beberapa tahun yang lalu kita pernah merasakan trend AR (Augmented Reality) dimana ada sebuah game yang sangat terkenal pada saat itu dikenal dengan Pokemon Go. VR (Virtual Reality) muncul berdekatan dengan munculnya AR, dimana dalam VR ini kita dapat merasakan masuk ke dalam dunia virtual menggunakan alat bantu VR. Hadirnya kedua teknologi ini menginspirasi Mark untuk menciptakan teknologi Metaverse. Pada penjelasan kali ini kita akan membahas mengenai metaverse atau meta.


Konsep Metaverse

Pada tanggal 28 Oktober 2021 dalam acara tahunan perusahaan facebook mengumumkan resmi berganti nama menjadi Meta atau Metaverse. Perubahan ini sudah dipikirkan oleh Mark dari dari jauh-jauh hari, tepatnya saat facebook ingin bekerjasama dengan instagram Mark sudah memikirkan untuk mengganti nama facebook menjadi Meta. Namun, hal itu tidak dapat langsung diwujudkan, tepat pada oktober 2021 barulah Mark bisa mengubah nama perusahaannya tersebut.

Metaverse berasal dari dua kata, yaitu meta yang berarti "melampaui" dan verse yang artinya "alam". Konsep metaverse sebenarnya bukan hal yang baru, Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul Snow Crash yang terbit pada tahun 1992, telah memperkenalkan kepada tentang konsep metaverse ini. Selain itu, film Ready Player One juga memperlihatkan konsep metaverse kepada kita. Lalu, pada tahun ini Mark memberikan ruang kepada kita untuk bisa merasakan secara langsung berinteraksi di ruang virtual yang kita kenal dengan metaverse

Jika kita teliti lebih jauh, inti dari metaverse versi Mark ini sebenarnya adalah menggabungkan Teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Vitual Reality) dalam dunia virtual online. Dalam dunia Metaverse tersebut kita bisa hadir secara langsung menggunakan avatar, serta saling berinteraksi dengan pengguna lain yang memiliki avatar. Dalam metaverse terdapat ruangan dan lingkungan virtual yang sudah dirancang menyerupai dunia asli, di dalam lingkungan itulah kita akan berinteraksi dengan teman-teman yang kita kenal secara online. Di sana kita dapat belanja, membeli tanah, melakukan rapat, atau datang ke tempat hiburan virtual. Semuanya sudah dirancang dengan baik sehingga kita bisa merasa seolah-olah berada dalam lingkungan virtual yang nyata.


Mengapa Ganti Nama?

Pada zaman sekarang ini, sepertinya tidak ada yang tidak mengenal facebook. Sebuah platform media sosial terkenal dan memiliki banyak pengguna itu kenal dengan nama Facebook. Setelah berhasil memperkenalkan facebook sampai memiliki banyak pengguna, Mark tetap ingin memberikan inovasi yang berbeda dari sebelumnya, berikut ini ada beberapa alasan facebook ganti nama

1. Agar Lebih Mudah Mengembangkan Visi

Ide mark untuk menciptakan cara bersosial yang baru memang berbeda dengan inovasi mark sebelumnya, yaitu media sosial. Mark ingin mengembangkan gaya interaksi sosial media dengan cara yang tidak biasa yaitu berinteraksi dalam dunia virtual, karena sebelumnya kita hanya bisa menggunakan media sosial secara biasa. Dengan digantinya nama, maka visi mark akan lebih terarah.

2. Agar Tidak Dianggap Sebagai Perusahaan Perusahaan Media Sosial Saja

Seperti yang kita ketahui, facebook dikenal sebagai perusahaan yang menaungi beberapa media sosial terkenal yaitu, facebook, instagram, dan whasapp. Dengan bergantinya nama perusahaan, Meta diharapkan bisa dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan teknologi sekaligus media sosial. Tambahan informasi, media sosial Facebook akan tetap ada, yang berubah adalah nama perusahaan dari facebook itu sendiri, yang awalnya bernama Facebook Inc Menjadi Meta.

3. Menjadi Perusahaan yang Berorientasi pada Masa Depan

Mark sendiri telah meramalkan bahwa pada 15 tahun kedepan teknologi metaverse ini akan digunakan oleh banyak orang. Akan muncul banyak perusahaan lain yang meniru metaverse buatan mark, dan perusahaan Meta akan menjadi pencetus yang hebat dalam mewujudkan metaverse. Kita sebagai pengguna teknologi hanya bisa menyaksikan apa yang terjadi di masa depan.

4. Memperbaiki Masalah yang Pernah Terjadi

Beberapa waktu yang lalu facebook pernah bermasalah dengan keamanan data penggunanya, masalah tersebut memberikan dampak yang kurang baik terhadap facebook. Banyak orang beranggapan bahwa dengan hadirnya Meta maka masalah yang terjadi sebelumnya dapat dapat diperbaiki. Inovasi teknologi yang baru akan menjaga privasi dari penggunanya.


Projek dari Meta

1. Horizon Home

Horizon home merupakan proyek dari Meta yang berupa sebuah ruangan di dalam rumah, dan pengguna dapat memilih, mendesain, dan memasuki rumah tersebut. Dalam dunia horizon, pengguna memiliki barang-barang digital yang diperoleh di alan digital, lalu disimpan di rumah digital yang disebut dengan Horizone Home. Seorang pengguna juga bisa mengajak pengguna lain untuk bergabung di rumah tersebut, bahkan kita bisa melakukan panggilan video call di dalam dunia virtual.

2. Horizon Workrooms

Horizon Workrooms bisa dimanfaatkan di era WFH (work from home) seperti sekarang ini. Horizon Workrooms terdapat dalam dunia virtual, tapi memungkinkan para pekerja untuk bekerja, melakukan rapat, menulis, dan berinteraksi di dalam dunia virtual. Mereka dapat merancang suatu proyek dengan rapat di virtual tersebut, alat-alat yang ada di workrooms juga terhubung dengan internet sehingga para pekerja dapat dengan mudah mencari informasi di internet.

3. Project Cambria

Untuk mendukung kesuksesan Metaverse, Perusahaan Meta sedang mengerjakan sebuah projek untuk menciptakan headset VR canggih yang disebut dengan Project Cambria. Headset ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh headset pada umumnya. Fitur yang disediakan antara lain yaitu dapat melakukan kontak mata dengan pemain lain dan dapat menunjukkan ekspresi wajah sehingga interaksi lebih terasa real.

4. Nazare Glasses

Benda ini merupakan kacamata yang dilengkapi dengan teknologi AR. Sampai saat ini proyek nazare masih diusahakan untuk mencapai hasil yang maksimal, dan Mark mengatakan bahwa dalam pembuatannya proyek nazare terus menghasilkan progress yang baik. Kacamata ini tidak dirilis dalam waktu dekat karena masih dalam tahap pembuatan.


Dampak Metaverse dalam Kehidupan

Setiap tahunnya akan selalu ada inovasi baru tentang teknologi yang hadir di sekitar kita, mau atau tidak mau kita harus berusaha untuk beradaptasi dengan teknologi tersebut. Jika kita tidak dapat berbaur dengan teknologi yang baru, maka kita akan menemukan kesulitan dalam menjalani hidup. Contohnya seperti yang kita alami pada saat ini, setelah diterapkan aturan work form home kita diharuskan untuk bekerja di rumah menggunakan laptop atau perangkat lainnya. Dalam bekerja, ada sesi pertemuan online menggunakan platform pertemuan online. Awalnya kita tidak bisa menggunakan platform online tersebut, lalu karena sudah beradaptasi kita bisa menggunakan platform pertemuan online.

Begitu pula dengan inovasi dari Meta ini, awalnya mungkin kita akan merasa aneh dengan cara interaksi di Horizon Workrooms tapi setelah terbiasa, maka semua akan berjalan dengan baik. Saat teknologi sudah semakin canggih, kita harus sadar bahwa kita tidak boleh dikendalikan oleh teknologi, kitalah yang harus mengendalikan teknologi.

Kehidupan dalam dunia virtual bukanlah kehidupan yang sebenarnya, kehidupan di dunia nyata lebih penting dari pada dunia virtual. Kehadiran teknologi hendaknya tidak membuat kita lalai dengan kehidupan di dunia nyata. Manfaatkan teknologi yang ada sekarang untuk membuatmu lebih produktif.

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih

Teknologi AR Photocard Sedang Populer di Kalangan Penggemar Kpop