Featured Post

Pentingnya Mengajarkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Image
Zaman sekarang sudah menjadi hal biasa ketika kita melihat siswa SD memiliki smartphone sendiri, bahkan memiliki media sosial pribadi. Melalui sosial media tersebut, mereka dapat membagikan konten-konten berupa video dan foto. Fenomena ini seharusnya menjadi concern kita bersama. Bayangkan jika penggunaan media sosial oleh anak tersebut tidak diiringi dengan literasi digital, maka mereka akan semena-mena menggunakan media sosial sehingga menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini pernah terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal saya. Seorang siswa SD tanpa izin menggunakan foto temannya sebagai foto profil media sosialnya. setelah ditanya lebih lanjut, di mengatakan hanya menggunakan foto temannya untuk mencari pengikut (followers) lebih banyak. Hal semacam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, meskipun hanya sekedar "menggunakan foto teman" tetap saja tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena tidak meminta izin dulu kepada si pemilik foto. Ini

Millenial Harus Kuasai Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 - Tak dapat dipungkiri, hadirnya teknologi membawa dampak besar terhadap perkembangan dunia. Hampir semua aktivitas kita selalu berhubungan dengan teknologi. Mulai dari bekerja, belajar, belanja, bahkan berkomunikasi juga dapat dilakukan lewat teknologi komunikasi. Dengan segala kemudahan yang didapatkan dari teknologi, hendaknya menjadi motivasi bagi anak muda dalam menciptakan sebuah karya yang nantinya akan bermanfaat di masa depan.

Sebagai generasi muda yang hidup di abad ke 21, penting bagi kita untuk menguasai teknologi karena beberapa tahun ke depan kehidupan kita tidak akan lepas dari teknologi. Platform besar seperti Facebook, Instagram, dan Amazon umumnya dirintis oleh anak muda yang paham dengan pentingnya teknologi. Ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi, kesuksesan akan mudah diraih.

Pembahasan tentang revolusi industri selalu saja berkaitan dengan konsep society yang digagas oleh Negara Jepang karena memang konsep ini sangat sesuai dengan perkembangan dunia. Oleh karena itu, pahami kaitan antara dua konsep ini agar kita bisa mengetahui tantangan apa yang akan kita hadapi di masa depan dan hari ini.


Baca Juga : Artificial Intelligence : 5 Kecerdasan Buatan Menandingi Kecerdasan Manusia


Pengertian Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 adalah tahapan revolusi industri yang keempat, di mana teknologi, kecerdasan buatan dan internet mempengaruhi kehidupan manusia. Sebelum sampai ke tahapan ini, dunia telah melewati beberapa tahapan revolusi industri yang menjadi penemuan hebat pada masanya. Berikut beberapa tahapan revolusi industri di dunia.

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Revolusi Industri 1.0 : pada tahun 1769 ditemukannya mesin uap yang mempermudah pekerjaan manusia. Setelah ditemukan mesin uap, kapal bergerak dengan mesin uap, padahal sebelumnya menggunakan tenaga angin untuk berlayar. Alat ini kemudian menyebar ke seluruh negara di Eropa. Sebelum ditemukan mesin uap, manusia bekerja menggunakan tenaga yang tersedia seperti tenaga otot, tenaga angin, dan tenaga alam lainnya.

Revolusi Industri 2.0 : tahun 1870 ditemukan tenaga listrik menggantikan mesin uap karena penggunaannya lebih efisien dan efektif. Penemuan ini merupakan penemuan besar pada tahun itu.

Revolusi Industri 3.0 : muncul teknologi komputer, periode ini melahirkan perangkat lunak untuk memanfaatkan perangkat keras elektronik. Banyak pekerjaan manusia yang dapat digantikan oleh komputer.

Revolusi Industri 4.0 : penemuan internet di akhir masa industri 3.0 menjadi gerbang pembukan bagi lahirnya revolusi industri 4.0. tahun 2016 adalah awal revolusi industri 4.0 yang melahirkan banyak inovasi baru seperti internet of things, artifiaial intelligence, big data dan rekayasa genetika.

Revolusi industri ke empat adalah era yang sedang kita jalani sekarang. Kecerdasan buatan sudah banyak dikembangkan walaupun belum mampu mengalahkan alat-alat konvensional, seperti mobil terbang yang diciptakan oleh perusahaan asal Amerika. Meskipun mobil ini belum mampu menggantikan mobil konvensional, mungkin di masa depan mobil ini banyak digunakan.

Pengertian Konsep Society 5.0

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Jika revolusi industri lahir di jerman dan mengedepankan kemajuan ke teknologi/industri, konsep society hadir untuk memberikan perhatian untuk kemajuan manusia di abad ke 21. dalam pertemuan rutin Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2019, perdana mentri Jepang menyatakan bahwa di negaranya terdapat sebuah visi atau konsep baru yang disebut dengan society 5.0

Society 5.0 adalah visi yang dirancang oleh pemerintah Jepang untuk menciptakan masyarakat yang super pintar dan mampu memanfaatkan teknologi untuk kemajuan masyarakat. Revolusi industri dan konsep society 5.0 ini sangat berkaitan. Jika revolusi industri berbicara tentang teknologi, society 5.0 fokus untuk membangun masyarakat yang mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang di industri 4.0 untuk mengatasi masalah sosial.

Misalkan ada masalah tentang sempitnya lapangan kerja, maka society 5.0 harus mampu mencari jalan keluar dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk mendapatkan pekerjaan. Zaman sekarang kita bisa bekerja di rumah, seperti membuka jasa desain atau membuka content creator. Bahkan mencari pekerjaan juga bisa lewat internet.


Baca Juga : Dapatkan Pekerjaan Lewat Linkedin 2021 dengan Melakukan Tips Ini


Kenapa Millenial Harus Kuasai Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Karena kita hidup di abad ke 21 maka kita harus siap dengan segala tantangan yang ada di abad ini. Menurut saya, dunia kerja adalah jawaban atas pertanyaan di atas. Memasuki era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 membuka peluang terciptanya lapangan kerja baru yang berkaitan dengan teknologi, sekaligus menghilangkan beberapa pekerjaan lama, contohnya ojek biasa. Pekerjaan ojek sekarang sudah tergantikan dengan ojek online. Dengan hadirnya ojek online kita tidak perlu keluar rumah untuk mencari ojek, cukup memesan lewat smartphone maka ojek tersebut akan datang ke rumah.

Saat ini kita sedang dimasa transisi karena kerjaan konvensional masih ada, contohnya ada orang yang berjualan di online shop tapi masih membuka toko secara langsung. Contoh tersebut membuktikan bahwa walaupun teknologi sudah maju, manusia tetap menjadi makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain.

Melihat kesuksesan platform toko online dan ojek online hendaknya menjadi motivasi untuk anak muda dalam menciptakan inovasi baru agar dapat menjadi manusia yang sukses di abad ke 21. Jangan hanya mau menggunakan ojek online saja, ciptakan platform baru yang bermanfaat bagi masyarakat millenial. Manfaatkan jaringan internet untuk mencari ilmu karena sekarang ini mencari ilmu tidak harus di buku.

Pekerjaan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Content Creator

Content Creator adalah profesi yang bertugas untuk menciptakan konten berdasarkan tujuan pembuatan konten. Content creator dapat menciptakan sebuah foto, video, atau artikel yang menarik. Pekerjaan sebagai content creator ini sangat digemari oleh warga millenial, karena pekerjaan ini unik dan dapat menghasilkan uang. Informasi dan tutorial juga sudah tersedia di internet, kamu bisa belajar otodidak atau belajar pada orang sudah berpengalaman dalam membuat konten.

Web Developer

Web developer adalah profesi yang berkaitan dengan perancangan dan pengembangan blog. Semua aktivitas di website akan diatur dan dijaga oleh seorang web developer, ini berguna agar para klien merasa nyaman saat mengakses website. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan website.

Developer Software

Developer Software bertugas membuat aplikasi sesuai kebutuhan. Peluang karir untuk Software Developer sangat bagus di masa depan, karena profesi ini berkaitan dengan teknologi dan banyak di cari oleh perusahaan. Bagi kamu yang ingin ahli di profesi ini, bisa ikuti kelas online yang tersedia di internet. Atau juga bisa mempelajarinya secara otodidak di Youtube.

Penulis Konten Web

Sebuah website yang masih aktif pasti akan selalu mengirim tulisan artikel. Untuk membuat artikel dibutuhkan seorang penulis konten. Penulis konten ini bertugas untuk memproduksi konten-konten yang akan diposting dalam blog atau website. Berbekal kemampuan menulis, kamu bisa mendapatkan uang. Profesi ini cocok untuk dijadikan pekerjaan sampingan jika kamu sudah ahli dalam menulis konten.

Spesialis SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Spesialis SEO adalah orang yang sudah ahli dalam mengoptimasi website, menaikkan rating website sehingga bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. Kehadiran ahli SEO berguna untuk menambah traffic pada website hingga website dikenal oleh banyak orang.

Social Media Specialist

Saat ini ada banyak platform media sosial yang terkenal di indonesia. Media sosial sekarang sudah dapat dijadikan ladang bisnis yang dapat menghasilkan uang jika dikelola dengan benar. Untuk mengelola akun media sosial agar tampak profesional, dibutuhkan seseorang atau sekelompok orang Social Media Specialist

Comments

Popular

Tanggal Foto dan Video di HP Bisa Diubah Dengan Cara ini

Editor Foto Awan Bergerak Membuat Foto Jadi Estetik

Cara Membuat Grup DM Twitter dan Grup Instagram Mudah 2021

Cara Terbaru Mengatasi Bandicam yang Tidak Keluar Suara dan Membuat Suara Jadi Jernih